5 Destinasi Wisata di Asia Tenggara yang Buka Lagi untuk Turis Asing, Ada Indonesia

Kompas.com - 02/10/2021, 10:09 WIB

 

KOMPAS.com – Sejumlah pulau di Asia Tenggara dibuka lagi untuk wisatawan asing secara bertahap. Beberapa terletak di Thailand, Vietnam, dan Kamboja.

Melansir CNBC, Selasa (28/9/2021), tiga negara itu berhasil mencegah naiknya tingkat Covid-19 sepanjang 2020 sebelum ada perubahan kondisi saat varian Delta muncul.

Munculnya varian baru Covid-19 memaksa banyak negara di Asia Tenggara untuk menghadapi wabah besar untuk pertama kalinya.

Rencana untuk membuka kembali destinasi wisata favorit seperti Phuket dan Bali pun ditangguhkan. Singapura juga menutup sebagian perbatasannya untuk wisatawan karena adanya lonjakan kasus Covid-19.

Kendati demikian, saat ini sejumlah negara di Asia Tenggara sudah dan sedang berencana membuka kembali destinasi wisatanya untuk turis asing. Berikut Kompas.com rangkum, Jumat (1/10/2021):

Baca juga:

1. Thailand

Thailand merupakan pelopor pembukaan kembali pariwisata Asia Tenggara. Pada 1 Juli 2021, mereka menyambut kembali wisatawan melalui skema gas-rem (sandbox).

Dalam skema itu, wisatawan yang sudah divaksin dan dites negatif Covid-19 sebelum dan sesudah tiba dapat memasuki Phuket tanpa karantina.

Pulau wisata itu menyambut kembali 26.400 wisatawan yang sudah divaksin, dan menghasilkan pendapatan pariwisata sebesar 1,63 miliar baht Thailand pada Juli dan Agustus.

Selain Phuket, saat ini para pelancong yang sudah divaksin Covid-19 juga bisa mengunjungi pulau lain termasuk Koh Samui, serta bagian dari provinsi Krabi dan Phang-Nga.

Ilustrasi Vietnam - Salah satu destinasi wisata di Vietnam bernama Pulau Phu Quoc.SHUTTERSTOCK / By Pavel Szabo Ilustrasi Vietnam - Salah satu destinasi wisata di Vietnam bernama Pulau Phu Quoc.

Pada Senin (27/9/2021), otoritas di Thailand mengumumkan, mereka berencana untuk membuka sebagian besar negara itu dalam tiga bulan ke depan.

Mereka menyetujui jadwal pembukaan kembali dalam empat tahap yang memprioritaskan destinasi wisata populer, termasuk Bangkok.

Pariwisata mewakili 18 persen pendapatan domestik bruto (PDB) Thailand. Negara ini telah berada di bawah tekanan besar untuk membuka kembali perbatasannya bagi pelancong internasional.

Pada 2019-2020, negara tersebut mengalami penurunan wisatawan sebesar 83 persen dan kehilangan sekitar 13,54 miliar dollar AS pendapatan pariwisata potensial pada 2020.

Baca juga:

2. Vietnam

Pulau Phu Quoc rencananya akan dibuka untuk wisatawan yang sudah divaksin pada Oktober tahun ini. Pulau terbesar di Vietnam ini terbilang kurang terkenal dibanding dengan pulau-pulau lainnya di Asia Tenggara.

Kendati demikian, hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa wisatawan tertarik untuk bekrunjung ke Phu Quoc.

Pulau tersebut merupakan rumah dari pantai pasir putih, pasar malam, cagar biosfer yang diakui UNESCO, serta salah satu kereta gantung terpanjang di dunia yang menghubungkannya ke pulau terdekat, yakni Hon Thom.

Phu Quoc berencana akan dibuka secara bertahap. Pada tiga bulan pertama, mereka hanya dibuka untuk 2.000-3.000 wisatawan saja. Wisatawan tersebut dapat tiba melalui pesawat charter dan berkunjung ke sejumlah tempat terbatas di sana.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.