Kompas.com - 02/10/2021, 16:04 WIB
Resta Pendopo KM 456 Astra InfraResta Pendopo KM 456

UNGARAN, KOMPAS.com - Tingginya mobilitas masyarakat di jalan tol dimanfaatkan pengelola Resta Pendopo KM 456 ruas tol Semarang-Solo untuk mengadakan vaksinasi massal Covid-19.

Direktur PT Astari Marga Sarana, Daisy Setiawan mengatakan, traveller termasuk rentan terpapar Covid-19 karena mobilitas yang tinggi dan seringnya berpindah tempat.

"Tentu kita mendukung program pemerintah untuk menyukseskan vaksinasi. Karenanya kami mengadakan jemput bola vaksinasi untuk pemakai jalan tol dan warga yang sedang melakukan perjalanan di jalan tol," kata dia, Sabtu (2/10/2021).

Baca juga: Rest Area di Tol Semarang-Solo Bisa untuk Tempat Wisata

Menurut Daisy, masih banyak masyarakat yang belum mendapat vaksinasi Covid-19 tetapi memiliki keperluan dan mobilitas dari satu tempat ke tempat lain.

"Kita menjaring traveller tersebut untuk mendapat vaksinasi ini. Hari ini ada 500 dosis vaksinasi Sinovac dan kalau memang efektif, akan kita pertimbangkan untuk diadakan lagi," ujar dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dijelaskan, Resta Pendopo KM 456 merupakan transit destination yang memiliki sky bridge pertama di jalan tol Indonesia.

"Jadi mereka yang telah melaksanakan vaksinasi, bisa sekaligus memanfaatkan momentum ini untuk berwisata dan melihat berbagai UMKM yang ada," kata Daisy.

Vaksinasi di rest area

Sementara itu, Kapolres Semarang AKBP Yovan Fatika HA mengatakan bahwa vaksinasi di rest area ini adalah terobosan untuk menjaring warga yang belum mendapat vaksinasi Covid-19.

"Kita fokus untuk warga yang melakukan perjalanan dari Jatim dan Jateng, termasuk yang ke Jakarta. Kita arahkan untuk yang belum mendapatkan vaksinasi di domisilinya," kata dia.

Resta Pendopo KM 456 Salatiga di Tol Semarang-Solo.Dok. PT Trans Marga Jateng Resta Pendopo KM 456 Salatiga di Tol Semarang-Solo.

Yovan melanjutkan, mereka yang mendapatkan vaksin tetap harus melalui prosedur kesehatan. Ada pengecekan dan jika memenuhi ketentuan, langsung divaksin.

Dia mengungkapkan bahwa vaksinasi di rest area, terutama di Resta Pendopo KM 456 akan dilakukan secara berkelanjutan.

Baca juga: Rasanya Naik Bus Eksekutif Premium Modifikasi di Tol Trans Jawa

"Animo masyarakat sangat baik, terutama di jam-jam sibuk. Banyak yang memanfaatkan layanan ini," ujar Jovan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.