Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Pendakian Gunung Merbabu via Selo Dibuka Lagi?

Kompas.com - 04/10/2021, 07:07 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – Jalur pendakian Gunung Merbabu yang sudah dibuka lagi mulai Selasa (5/10/2021) adalah via Thekelan di Kabupaten Semarang.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha (KSBTU) Taman Nasional Gunung Merbabu (TNGM) Johan Setiawan menjelaskan, hal ini rekomendasi dari surat permohonan pihaknya.

“Yang sudah dapat rekomendasi atas surat permohonan kita adalah Kabupaten Semarang. Ada Thekelan dan Cunthel,” tuturnya kepada Kompas.com, Minggu (3/10/2021).

Baca juga: Jelajahi 6 Surga Indonesia, Bali Salah Satunya

Meski pihaknya mengajukan pembukaan kembali jalur pendakian Gunung Merbabu via Cunthel untuk wilayah Kabupaten Semarang, jalur yang sudah dinyatakan siap untuk dilalui adalah via Thekelan.

Sementara untuk jalur pendakian Gunung Merbabu via Selo, salah satu jalur favorit para pendaki, saat ini masih ditutup hingga informasi lebih lanjut.

“Pembukaan jalur Kabupaten Magelang masih menunggu jawaban dari Satgas Kabupaten Magelang, begitu juga dengan jalur di Kabupaten Boyolali,” jelas Johan.

Baca juga:

“Proses paling cepat sejauh ini Kabupaten Semarang, kayaknya (jalur pendakian di) Kabupaten Magelang segera menyusul,” imbuhnya.

Sebagai informasi, Gunung Merbabu memiliki lima jalur pendakian resmi yang tersebar pada tiga kabupaten di Jawa Tengah yaitu Kabupaten Semarang, Kabupaten Magelang, dan Kabupaten Boyolali.

Pendakian Gunung Merbabu.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Pendakian Gunung Merbabu.

Kabupaten Semarang merupakan rumah dari jalur pendakian via Thekelan dan Cunthel. Sementara via Selo di Kabupaten Boyolali, dan via Suwanting juga via Wekas terletak di Kabupaten Magelang.

Jika ingin mendaki Gunung Merbabu via Thekelan, seluruh calon pendaki diwajibkan sudah menerima dua dosis vaksin Covid-19.

Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat mendaki tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, dan tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com