Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Hal Unik yang Bisa Ditemukan di Masjidil Haram Saat Umrah

Kompas.com - 07/10/2021, 14:10 WIB
Nabilla Ramadhian,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Saat berbicara tentang Masjidil Haram di Mekkah, mungkin banyak umat Muslim yang tahu bahwa di tempat itu terdapat Hajar Aswad yang menjadi bagian dari kegiatan haji dan umrah.

Kendati demikian, tidak semua orang tahu apa saja yang terdapat di tempat itu selain Hajar Aswad. Terlebih mereka yang belum berkesempatan untuk mengunjungi Tanah Suci.

“Di semua tempat di Masjidil Haram ada air zamzam,” kata salah satu anggota tim PT Jannah Firdaus Tour & Travel yakni Mustali yang melakukan siaran langsung di Masjidil Haram, Arab Saudi.

Baca juga: Alasan Jemaah Umrah Asal Indonesia Disukai Masyarakat Arab Saudi

Hal tersebut diungkapkan olehnya dalam acara Live Instagram Kompas.com “Live Umrah 1443 H Pada saat New normal”, Selasa (5/10/2021).

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut dua hal yang bisa ditemukan di Masjidil Haram selain Hajar Aswad yang Kompas.com rangkum, Kamis (7/10/2021):

1. Air zamzam yang mengelilingi pelataran Ka’bah

Jamaah Muslim berdoa di sekitar Ka'bah di kompleks Masjidil Haram, tempat suci umat Islam, di kota suci Mekah di Arab Saudi pada 1 November 2020, ketika pihak berwenang memperluas ziarah umrah sepanjang tahun untuk menampung lebih banyak jemaah sambil melonggarkan pembatasan pandemi coronavirus COVID-19 . - Pihak berwenang Saudi sebelumnya telah mengumumkan bahwa tahap ketiga dari perluasan doa mulai dari 1 November akan mengizinkan pengunjung dari luar negeri. Batas jemaah umrah kemudian akan dinaikkan menjadi 20.000, dengan total 60.000 jemaah diperbolehkan. AFP Jamaah Muslim berdoa di sekitar Ka'bah di kompleks Masjidil Haram, tempat suci umat Islam, di kota suci Mekah di Arab Saudi pada 1 November 2020, ketika pihak berwenang memperluas ziarah umrah sepanjang tahun untuk menampung lebih banyak jemaah sambil melonggarkan pembatasan pandemi coronavirus COVID-19 . - Pihak berwenang Saudi sebelumnya telah mengumumkan bahwa tahap ketiga dari perluasan doa mulai dari 1 November akan mengizinkan pengunjung dari luar negeri. Batas jemaah umrah kemudian akan dinaikkan menjadi 20.000, dengan total 60.000 jemaah diperbolehkan.

Mustali mengatakan bahwa di semua tempat di Masjidil Haram memiliki air zamzam, hal ini membuat jemaah dapat menikmatinya secara bebas.

Saat sedang berada di pelataran Ka’bah, jemaah dapat menemukan deretan tong berisi air zamzam di pagar yang mengelilingi pelataran.

“Di sini bebas mau minum air zamzam sepuasnya. Banyak jemaah yang mengguyur air zamzam ke kepala. Sampai detik ini, air zamzam tidak pernah kering,” jelas dia.

Baca juga: Kegiatan Umrah di Arab Saudi Terpantau Sepi Akibat Pandemi Covid-19

Pada setiap tong air zamzam tersedia gelas bagi para jemaah. Mustali menuturkan, orang-orang tidak perlu khawatir jika kehabisan air zamzam.

“Tong terus diperiksa setiap detik dan setiap menit. Petugas memeriksa mana yang sudah kosong dan masih ada. Mereka terus keliing mengisi air zamzam,” lanjutnya.

Selain itu, setiap tong memiliki pilihan apakah jemaah ingin menikmati air zamzam pada suhu panas atau dingin. Jemaah tinggal menekan pada bagian yang bertuliskan “Hot” atau “Cold”.

2. Ada skuter untuk Thawaf dan Sa’i

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas.com (@kompascom)

Umrah merupakan ibadah yang dapat dilakukan oleh umat Muslim dari seluruh kalangan usia, termasuk mereka yang sudah lanjut usia (lansia).

Guna memudahkan para lansia beribadah, serta jemaah yang tidak kuat berjalan kaki (saat Thawaf) atau berlari kecl (saat Sa’i), pemerintah Arab Saudi menyediakan fasilitas skuter.

Skuter yang tersedia memiliki dua jenis yaitu Single Scooter dan Double Scooter—yang terakhir bisa disewa untuk jemaah yang tidak bisa mengendarai skuter.

Baca juga: Seperti Ini Kegiatan Umrah Selama Pandemi Covid-19 pada Oktober 2021

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com