Kompas.com - 07/10/2021, 14:10 WIB
Umat Muslim mengitari Ka'bah saat melakukan tawaf ibadah haji dengan penerapan protokol kesehatan di Masjidil Haram, Kota Mekah, Arab Saudi, Minggu (2/8/2020). Pelaksanaan haji yang istimewa tahun ini di tengah pandemi Covid-19 hanya diikuti sekitar 1.000 jemaah, dengan protokol kesehatan yang ketat. AFP/HO/SAUDI MINISTRY OF MEDIAUmat Muslim mengitari Ka'bah saat melakukan tawaf ibadah haji dengan penerapan protokol kesehatan di Masjidil Haram, Kota Mekah, Arab Saudi, Minggu (2/8/2020). Pelaksanaan haji yang istimewa tahun ini di tengah pandemi Covid-19 hanya diikuti sekitar 1.000 jemaah, dengan protokol kesehatan yang ketat.

KOMPAS.com – Saat berbicara tentang Masjidil Haram di Mekkah, mungkin banyak umat Muslim yang tahu bahwa di tempat itu terdapat Hajar Aswad yang menjadi bagian dari kegiatan haji dan umrah.

Kendati demikian, tidak semua orang tahu apa saja yang terdapat di tempat itu selain Hajar Aswad. Terlebih mereka yang belum berkesempatan untuk mengunjungi Tanah Suci.

“Di semua tempat di Masjidil Haram ada air zamzam,” kata salah satu anggota tim PT Jannah Firdaus Tour & Travel yakni Mustali yang melakukan siaran langsung di Masjidil Haram, Arab Saudi.

Baca juga: Alasan Jemaah Umrah Asal Indonesia Disukai Masyarakat Arab Saudi

Hal tersebut diungkapkan olehnya dalam acara Live Instagram Kompas.com “Live Umrah 1443 H Pada saat New normal”, Selasa (5/10/2021).

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut dua hal yang bisa ditemukan di Masjidil Haram selain Hajar Aswad yang Kompas.com rangkum, Kamis (7/10/2021):

1. Air zamzam yang mengelilingi pelataran Ka’bah

Jamaah Muslim berdoa di sekitar Ka'bah di kompleks Masjidil Haram, tempat suci umat Islam, di kota suci Mekah di Arab Saudi pada 1 November 2020, ketika pihak berwenang memperluas ziarah umrah sepanjang tahun untuk menampung lebih banyak jemaah sambil melonggarkan pembatasan pandemi coronavirus COVID-19 . - Pihak berwenang Saudi sebelumnya telah mengumumkan bahwa tahap ketiga dari perluasan doa mulai dari 1 November akan mengizinkan pengunjung dari luar negeri. Batas jemaah umrah kemudian akan dinaikkan menjadi 20.000, dengan total 60.000 jemaah diperbolehkan. AFP Jamaah Muslim berdoa di sekitar Ka'bah di kompleks Masjidil Haram, tempat suci umat Islam, di kota suci Mekah di Arab Saudi pada 1 November 2020, ketika pihak berwenang memperluas ziarah umrah sepanjang tahun untuk menampung lebih banyak jemaah sambil melonggarkan pembatasan pandemi coronavirus COVID-19 . - Pihak berwenang Saudi sebelumnya telah mengumumkan bahwa tahap ketiga dari perluasan doa mulai dari 1 November akan mengizinkan pengunjung dari luar negeri. Batas jemaah umrah kemudian akan dinaikkan menjadi 20.000, dengan total 60.000 jemaah diperbolehkan.

Mustali mengatakan bahwa di semua tempat di Masjidil Haram memiliki air zamzam, hal ini membuat jemaah dapat menikmatinya secara bebas.

Saat sedang berada di pelataran Ka’bah, jemaah dapat menemukan deretan tong berisi air zamzam di pagar yang mengelilingi pelataran.

“Di sini bebas mau minum air zamzam sepuasnya. Banyak jemaah yang mengguyur air zamzam ke kepala. Sampai detik ini, air zamzam tidak pernah kering,” jelas dia.

Baca juga: Kegiatan Umrah di Arab Saudi Terpantau Sepi Akibat Pandemi Covid-19

Pada setiap tong air zamzam tersedia gelas bagi para jemaah. Mustali menuturkan, orang-orang tidak perlu khawatir jika kehabisan air zamzam.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.