Kompas.com - 08/10/2021, 08:31 WIB
Kawah Sikidang Dieng. KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYAKawah Sikidang Dieng.

KOMPAS.com – Mereka yang dalam waktu dekat ini berencana untuk berkunjung ke destinasi wisata Dataran Tinggi Dieng, Banjarnegara, harus kembali bersabar.

Itu karena wisata Dieng Banjarnegara kembali tutup. Penutupan dilakukan karena Kabupaten Banjarnegara naik ke status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3.

Status PPKM Kabupaten Banjarnegara tersebut tercantum dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 47 Tahun 2021.

Baca juga: Harga Tiket Masuk Kawah Sikidang Dieng Tahun 2021, Gratis ke Candi Arjuna

Penutupan wisata Dieng pun dikonfirmasi oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Banjarnegara Agung Yusianto saat dihubungi Kompas.com, Jumat (8/10/2021).

“Betul (wisata Dieng Banjarnegara tutup lagi sampai tanggal 18 Oktober 2021” kata dia melalui WhatsApp.

Status PPKM naik karena cakupan vaksinasi

Sementara itu diberitakan Antara, Kamis (7/10/2021), Agung mengatakan bahwa peningkatan status PPKM di Kabupaten Banjarnegara bukan disebabkan karena melonjaknya kasus Covid-19.

“Melainkan karena cakupan vaksinasi yang masih harus ditingkatkan lagi,” ujar Agung.

Candi Arjuna DiengKOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Candi Arjuna Dieng

Pihaknya pun berharap cakupan vaksinasi di Kabupaten Banjarnegara akan makin cepat mencapai target, sehingga dibutuhkan peran aktif masyarakat.

Akibat naiknya status PPKM Kabupaten Banjarnegara menjadi level 3, maka fasilitas umum, seperti area publik, tamanu mum, tempat wisata, dan area publik lainnya ditutup untuk sementara.

Baca juga: Keliling Dieng-Yogyakarta Pakai DAMRI, Mulai Rp 25.000

Adapun, dua tempat wisata di Dieng Banjarnegara yang dipastikan tutup adalah Kompleks Candi Arjuna dan Kawah Sikidang.

Kedua tempat wisata tersebut dikelola Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjarnegara, sehingga mengikuti aturan yang berlaku.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.