Kompas.com - 08/10/2021, 13:01 WIB
Nawang Jagad, Sleman, Yogyakarta DOK. Instagram.com/nawangjagad Nawang Jagad, Sleman, Yogyakarta DOK. Instagram.com/nawangjagad

KOMPAS.com - Berkemah menjadi salah satu aktivitas menarik untuk menikmati waktu bersama keluarga atau orang-orang terdekat. Di Yogyakarta, terdapat camping ground baru yang menarik perhatian banyak wisatawan.

Nawang Jagad adalah nama wisata yang berada di kaki Gunung Merapi itu. Bumi perkemahan ini mulai dibuka untuk umum pada Agustus 2021 lalu.

"Kalau dibuka untuk umumnya mulai 17 Agustus 2021 kemarin, tapi pengelolaannya sudah sejak Maret 2021," kata ketua Kelompok Masyarakat (Pokmas) Kaliurang Barat David Chandra kepada Kompas.com, Kamis (7/10/2021).

Baca juga: Wisatawan di Yogyakarta Membeludak, Kadispar: Fenomena Revenge Tourism

Meski tergolong baru, tempat wisata ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Berikut ini adalah fasilitas Nawang Jagad:

1. Toilet dan air bersih

Meski berada di  kaki Gunung Merapi, pengelola Nawang Jagad telah menyediakan fasilitas berupa toilet.

Nawang Jagad, Sleman, Yogyakarta DOK. Instagram.com/nawangjagad Nawang Jagad, Sleman, Yogyakarta DOK. Instagram.com/nawangjagad

Wisatawan juga tak prlu repot membawa air minum. Pasalnya, Nawang Jagad telah menyediakan air bersih langsung dari sumbernya.

"Camper tidak perlu membawa air bersih atau air yang sudah matang karena di sini sudah tersedia air bersih yang langsung dari sumbernya," ujar Chandra.

Baca juga: Tips Nikmati Saptawara Campervan Yogyakarta, Pilih Lokasi Kemah

2. Tempat piknik

Nawang Jagad tak hanya menyediakan camping ground untuk wisatawan. Ada pula picnic area yang dapat digunakan untuk bersantai atau berfoto.

Nawang Jagad, Sleman, Yogyakarta DOK. Instagram.com/nawangjagad Nawang Jagad, Sleman, Yogyakarta DOK. Instagram.com/nawangjagad

"Picnic area memang diperuntukkan bagi pengunjung yang tidak bermalam. Di sana sudah ada hammock dan bean bag yang bisa digunakan," ucap Chandra.

Untuk menikmati picnic area, wisatawan hanya perlu mebayar seikhlasnya sebagai biaya pemeliharaan tempat.

Baca juga: Sultan HB X Usulkan Semua Tempat Wisata di Yogyakarta Buka

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.