Kompas.com - 08/10/2021, 20:48 WIB
Beberapa koleksi yang ada di Omah Budoyo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi KreatifBeberapa koleksi yang ada di Omah Budoyo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

KOMPAS.com - Omah Budoyo adalah galeri seni dan ruang kreatif di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Lokasinya berada di Jalan Karangkajen nomor 793, Brontokusuman, Kecamatan Mergangsan, Kota Yogyakarta. Jaraknya dari Keraton Yogyakarta antara 2,5-3,3 kilometer (km) dengan waktu berkendara sekitar 10 menit.

Galeri seni yang dibuka tahun ini menawarkan beragam aktivitas dan aneka produk ekonomi kreatif, di antaranya dari sektor kriya, fesyen, dan kuliner.

Tempat ini terbagi menjadi empat area, yakni galeri ekshibisi, restoran, pendopo, dan toko.

Galeri ekshibisi merupakan tempat para seniman memamerkan hasil karyanya. Omah Budoyo juga mengadakan pameran setiap dua bulan sekali.

Baca juga:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika wisatawan ingin menyantap hidangan khas Jawa, maka mereka bisa menuju ke restoran. 

Selanjutnya ada pendopo yang menjadi area edukasi, antara lain kelas membatik, meditasi, yoga, gamelan, macapat, dan keramik.

Berdasarkan akun Instagram Omah Budoyo Jogja, terdapat tiga kelas yang ditawarkan, yaitu yoga setiap hari Kamis pukul 10.00 WIB, membatik setiap hari Jumat pukul 10.00 WIB, dan Melukis setiap hari Selasa pukul 10.00 WIB. 

Pengunjung juga bisa membeli berbagai produk ekonomi kreatif di toko, mulai dari perhiasan hingga furnitur. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (kanan) bersama kurator dan pemilik Omah Budoyo Warwick Purser di Omah Budoyo, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada Jumat (8/10/2021).Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (kanan) bersama kurator dan pemilik Omah Budoyo Warwick Purser di Omah Budoyo, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada Jumat (8/10/2021).

Kurator dan pemilik Omah Budoyo, Warwick Purser, berharap galeri sini ini dapat memberi pengaruh yang signifikan terhadap para seniman lokal dan masyarakat. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.