Kampung Wisata Rejowinangun Yogyakarta Punya Tarian Khas Edan-edanan

Kompas.com - 10/10/2021, 07:10 WIB

KOMPAS.com - Kampung Wisata Rejowinangun di Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), merupakan salah satu desa wisata yang terkenal akan keseniannya.

Kampung wisata yang jaraknya tiga kilometer dari Malioboro itu memiliki tarian khas, yaitu tari Edan-edanan.

Tarian yang ditampilkan oleh sejumlah penari ini berakar dari Punakawan. Dilansir dari Kompas.com pada Sabtu (13/7/2019), Punakawan dalam dunia pewayangan dikenal sebagai kelompok penghibur yang dapat mencairkan suasana.

Para penari tari Edan-edanan tampil dengan riasan wajah yang unik dan menggambarkan beragam ekspresi jahil. 

Menurut laman jadesta.com, tarian ini umumnya ditampilkan untuk menyambut wisatawan. Wisatawan juga bisa menari bersama para penari.

Selain tari Edan-edanan, Kampung Wisata Rejowinangun juga memiliki kesenian lain, di antaranya jathilan, bergodo, gejog lesung, dan payang pendek.

Tiap tahun, tepatnya mendekati musim panen, desa wisata itu menggelar upacara adat wiwitan sebagai bentuk syukur atas hasil bumi yang mereka dapat. 

Baca juga:

Potensi wisata dibagi ke lima klaster berbeda

Keripik pete dari Kampung Wisata Rejowinangun, Yogyakarta.Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Keripik pete dari Kampung Wisata Rejowinangun, Yogyakarta.

Potensi wisata yang ada di Kampung Wisata Rejowinangun dikelompokkan menjadi lima klaster, yaitu kerajinan, kuliner, herbal, seni budaya, dan agrowisata. Klaster ini tersebar di seluruh wilayah desa. 

Pembagian tersebut bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam mengenali potensi masing-masing wilayah, sekaligus mempermudah pemerintah setempat dalam merancang program sehingga bisa tepat sasaran. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.