Rumah Jenderal Gatot Soebroto Jadi Museum, Ada Koleksi Cangklong dan Pisau Berburu

Kompas.com - 10/10/2021, 20:31 WIB

UNGARAN, KOMPAS.com - Rumah pribadi Pahlawan Nasional Jenderal Gatot Soebroto di Jalan Brigjen Sudiarto Ungaran Kabupaten Semarang, dijadikan museum.

Cucu Gatot Soebroto, Indriani Sunarjo berharap museum ini menjadi sarana penting mengenang perjuangan Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Wakasad) periode 1956-1962 itu.

“Nilai-nilai perjuangan yang dilakukan kakek kami semoga dapat memberi manfaat bagi generasi muda,” kata dia, Minggu (10/10/2021) dalam keterangan tertulis.

Baca juga: Rute Menuju Basecamp Pendakian Gunung Ungaran via Perantunan

Museum yang terletak di dekat Benteng Willem II itu menyimpan berbagai barang pribadi. Selain puluhan pakaian dinas, juga ada topi, dan tongkat komando. Ada pula koleksi pipa cangklong, pisau berburu, dan kacamata.

“Ada empat pipa cangklong yang menjadi koleksi museum ini. Satu di antaranya dalam kondisi rusak,” kata cucu Gatot Soebroto lainnya bernama Lawrence Locsin Sardjono.

Terdapat juga dua tempat tidur pribadi yang terawat baik. Di beberapa bagian dinding rumah, terpampang puluhan foto pria kelahiran Banyumas itu semasa berdinas sebagai tentara.

Baca juga: Gunung Telomoyo Sudah Buka via Pintu Masuk Pagergedog, Kabupaten Semarang

Meski museum pribadi, Lawrence mempersilakan warga melihat langsung koleksi pribadi kakeknya itu dengan syarat.

"Tak menutup kemungkinan, akan dijadikan museum terbuka atau bangunan cagar budaya," paparnya.

Peresmian museum pribadi itu ditandai pemotongan untaian pita oleh Kepala Kelompok Staf Ahli Pangdam IV Diponegoro Brigjen TNI Rimbo Karyono.

Baca juga: Malioboro Asinan di Kabupaten Semarang, Tempat Menikmati Indahnya Rawa Pening

"Saya berharap melalui museum ini dapat memacu semangat kita sebagai generasi penerus bangsa dalam mewujudkan cita-cita perjuangan para pendahulu,” tegasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.