Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desa Wisata Karanganyar Borobudur Masuk 50 Desa Wisata Terbaik Indonesia

Kompas.com - 13/10/2021, 09:53 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

MAGELANG, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menobatkan Desa Karanganyar, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, menjadi salah satu dari 50 desa wisata terbaik di Indonesia.

Hal itu disampaikan oleh Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno di Balkondes Karanganyar, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Selasa (12/10/2021).

 

Sebagai informasi, 50 desa wisata terbaik di Indonesia tersebut merupakan bagian dari ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. Acara tersebut digelar oleh Kemenparekraf. 

Baca juga:

Sandiaga mengatakan, capaian itu diharapkan bisa mendorong desa-desa wisata lainnya untuk maju dan berkembang.

"Kami mengucapkan selamat kepada Desa Karanganyar yang telah terpilih sebagai salah satu desa wisata terbaik di Indonesia. Melalui capaian ini kami berharap dapat mendorong dan memotivasi desa-desa wisata yang lain," papar Sandiaga dalam keterangan pers, Selasa (12/10/2021).

Menurutnya, Desa Karanganyar memiliki berbagai potensi baik dari segi kearifan lokal, keindahan, dan ekonomi kreatif.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat mengunjungi Desa Wisata Karanganyar di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat mengunjungi Desa Wisata Karanganyar di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

 

Di desa ini, wisatawan bisa menikmati indahnya pemandangan alam dan memiliki spot  strategis untuk menikmati matahari terbenam (sunset) dan matahari terbit (sunrise).

Ditambah lagi, mereka dapat melihat langsung bangunan bersejarah Candi Borobudur.

"Yang menarik, Desa Karanganyar ini juga sudah terkenal dengan kerajinan gerabahnya, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan," ujarnya.

Ia menerangkan bahwa pariwisata adalah tentang industri kebahagiaan, sehingga sebagai pelaku wisata harus mampu mengajak masyarakat atau wisatawan untuk datang dengan suka cita.

Baca juga:

 

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang, Adi Waryanto mengatakan, capaian ini diharapkan dapat membangkitkan kembali wisata di kawasan Borobudur, khususnya di Desa Wisata Karanganyar.

Adi juga mengapresiasi atas penghargaan yang telah diberikan kepada Desa Wisata Karanganyar sebagai salah satu desa wisata terbaik di Indonesia.

"Mudah-mudahan prestasi ini dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan kembali untuk menumbuhkan minat wisatawan yang akan berkunjung di kawasan Borobudur," ujar Adi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com