Kompas.com - 13/10/2021, 09:53 WIB

MAGELANG, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menobatkan Desa Karanganyar, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, menjadi salah satu dari 50 desa wisata terbaik di Indonesia.

Hal itu disampaikan oleh Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno di Balkondes Karanganyar, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Selasa (12/10/2021).

 

Sebagai informasi, 50 desa wisata terbaik di Indonesia tersebut merupakan bagian dari ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. Acara tersebut digelar oleh Kemenparekraf. 

Baca juga:

Sandiaga mengatakan, capaian itu diharapkan bisa mendorong desa-desa wisata lainnya untuk maju dan berkembang.

"Kami mengucapkan selamat kepada Desa Karanganyar yang telah terpilih sebagai salah satu desa wisata terbaik di Indonesia. Melalui capaian ini kami berharap dapat mendorong dan memotivasi desa-desa wisata yang lain," papar Sandiaga dalam keterangan pers, Selasa (12/10/2021).

Menurutnya, Desa Karanganyar memiliki berbagai potensi baik dari segi kearifan lokal, keindahan, dan ekonomi kreatif.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat mengunjungi Desa Wisata Karanganyar di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat mengunjungi Desa Wisata Karanganyar di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

 

Di desa ini, wisatawan bisa menikmati indahnya pemandangan alam dan memiliki spot  strategis untuk menikmati matahari terbenam (sunset) dan matahari terbit (sunrise).

Ditambah lagi, mereka dapat melihat langsung bangunan bersejarah Candi Borobudur.

"Yang menarik, Desa Karanganyar ini juga sudah terkenal dengan kerajinan gerabahnya, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan," ujarnya.

Ia menerangkan bahwa pariwisata adalah tentang industri kebahagiaan, sehingga sebagai pelaku wisata harus mampu mengajak masyarakat atau wisatawan untuk datang dengan suka cita.

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.