Kompas.com - 17/10/2021, 17:05 WIB

KOMPAS.com - Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan di Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan sudah dibuka kembali melalui tahap uji coba sejak awal September 2021.

Melansir Kompas.com, Senin (13/10/2021), hal ini diumumkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dalam Weekly Press Briefing, Senin.

"Untuk wilayah Jakarta (yang dapat ikut uji coba) adalah Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, (dan) Kampung Budaya Betawi Setu Babakan," katanya.

Baca juga: 6 Atraksi dan Aktivitas Wisata di Kampung Budaya Betawi Setu Babakan

Kompas.com berkesempatan untuk mengunjungi tempat wisata tersebut pada Minggu (17/10/2021). Namun, kunjungan wisata pada kawasan tersebut hanya dibatasi pada Museum Setu Babakan saja.

Ketentuan berkunjung ke Setu Babakan

Setibanya di gerbang masuk kawasan tempat wisata Setu Babakan, petugas penjaga pintu masuk akan langsung memberitahu wisatawan terkait aturan kunjungan.

"Tujuannya untuk apa? Kalau untuk wisata, check-in dulu di PeduliLindungi sini (pintu gerbang masuk), nanti kunjungan wisata hanya sebatas area luar dan museum saja ya. Belum boleh ke danau," ujar salah seorang petugas yang enggan disebut namanya kepada Kompas.com di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Jakarta, pada Minggu.

Sebagai informasi, kawasan danau Setu Babakan dapat diakses melalui pintu dekat parkiran motor dan jalur menuju area belakang deretan rumah adat Betawi yang berada tepat di dekat amfiteater.

Danau Setu Babakan yang belum bisa dikunjungi oleh wisatawan umum selama percobaan pembukaan kembali tempat wisata, Jakarta, Minggu (17/10/2021).kompas.com / Nabilla Ramadhian Danau Setu Babakan yang belum bisa dikunjungi oleh wisatawan umum selama percobaan pembukaan kembali tempat wisata, Jakarta, Minggu (17/10/2021).

Adapun, jalur tersebut akan membawa wisatawan melalui sebuah jembatan kayu yang melintasi sebuah kolam kecil.

Kendati demikian, dua jalur menuju danau Setu Babakan tersebut dijaga para penjaga yang tidak mengizinkan masuk wisatawan, kecuali warga setempat.

"Selama uji coba hanya museum saja yang dibuka untuk kunjungan. Kawasan danau belum dibuka, ini yang lewat-lewat hanya masyarakat setempat saja," ujar seorang petugas yang berjaga di pintu masuk via jalur dekat rumah adat Betawi.

Baca juga: Kuliner Betawi Jadi Incaran di Setu Babakan

Petugas yang enggan menyebutkan namanya tersebut mengatakan, saat ini wisatawan hanya bisa melihat danau dari pintu masuk tersebut.

Terkait kapan kawasan danau dapat dikunjungi wisatawan, dia tidak memastikan hal tersebut lantaran pembukaan kembali kawasan danau untuk kunjungan umum perlu persiapan sangat matang.

Baca juga: Setu Babakan Siapkan Paket Wisata Budaya

"Perlu persiapan lebih agar kunjungan wisatawan tetap aman. Sebelum pandemi, kawasan danau biasa ramai wisatawan yang olahraga, jalan-jalan, dan pedagang di pinggiran danau," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.