Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/10/2021, 11:11 WIB
Kistin Septiyani,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kitagawa Pesona Bali merupakan restoran dan obyek wisata populer di Sidoharjo, Wonogiri, Jawa Tengah. Obyek wisata ini menawarkan nuansa Bali dengan bangunan dan patung ala Pulau Dewata.

Wisatawan dapat menjumpai gazebo atau saung tanpa dinding dengan gaya Bali di restoran ini.

Selain itu, wisatawan juga bisa mencicipi makanan khas Bali seperti olahan bebek dengan bumbu sambal matah.

Baca juga: Rute Tercepat ke Kitagawa Pesona Bali, Kampung Bali di Wonogiri

Wisatawan juga bisa mencoba sajian khas Wnogiri seperti bakso atau nasi tiwul. Nasi tiwul merupakan makanan khas Wonogiri yang terbuat dari tepung singkong atau gaplek.

Makanan dan minuman yang disajikan di Kitagawa Pesona Bali memiliki harga yang cukup terjangkau, mulai dari Rp 10.000 sampai Rp 25.000 per porsinya.

"Untuk minuman maksimal Rp 10.000, makanan maksimal Rp 25.000. Jadi memang harganya dibuat terjangkau, tidak mahal-mahal," ujar Suparno, pemilik Kitagawa Pesona Bali saat dihubungi Kompas.com, pada Senin (18/10/2021).

3 Tempat wisata sekitar Kitagawa Pesona Bali

Di sekitar Kitagawa Pesona Bali, wisatawan juga bisa menemukan beberapa obyek wisata lain, yakni: 

1. Istana Parnaraya

Istana Parnaraya merupakan bangunan benuansa putih yang cukup luas dan besar. Tempat wisata ini terkenal karena memiliki gaya istana negara.

Tak hanya bangunannya, perabotan dan interiornya juga menambah kesan istana di obyek wisata tersebut.

Tempat wisata di Wonogiri - Istana Parnaraya.dok. Instagram @istana_parnaraya Tempat wisata di Wonogiri - Istana Parnaraya.

Istana Parnaraya terletak di Kebonagung, Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Istana ini hanya berjarak 4,1 km dari Kitagawa Pesona Bali, atau memiliki waktu tempuh sekitar 4 menit menggunakan mobil.

Di kawasan tersebut, wisatawan dapat berfoto ala kelurga kerajaan dan berkeliling menikmati arsitektur bangunan yang mewah.

Baca juga: Tempat Wisata Dekat Angkringan Griyo Aji Somo Wonogiri, Ada Bali Lainnya

2. Angkringan Griyo Aji Somo

Angkringan Griyo Aji Somo terletak di Jaten, Sidoharjo, Wonogiri, Jawa Tengah. Wisatawan dapat menikmati beragam sajian khas Jawa Tengah di restorah tersebut.

Angkringan Griyo Aji Somo, Sidoharjo, Wonogiri DOK. Instagram.com/griyoajisomo Angkringan Griyo Aji Somo, Sidoharjo, Wonogiri DOK. Instagram.com/griyoajisomo

Selain itu wisatawan juga bisa menikmati susana khas perpaduan Bali dan Jawa. Ada spot foto menarik yang bisa diabadikan wisatawan di kawasan tersebut.

Wisatawan juga bisa menyaksikan secara langsung gamelan, ukiran, serta barang-barang antik di restoran tersebut.

Baca juga: Tips Wisata ke Angkringan Griyo Aji Somo Wonogiri, Bawa Baju Renang

Wisatawan hanya perlu berkendara selama kurang lebih 8 menit dari Kitagawa Pesona Bali menuju Angkringan Griyo Aji Somo.

3. Gunung Kelir

Gunung Kelir merupakan sebuah bukit yang terletak di Sembukan, Sidoharjo, Tekil Wetan, Sembukan, Sidoharjo, Wonogiri. Obyek wisata ini menjadi salah satu obyek wisata populer, terutama di kalangan pencinta alam.

Gunung Kelir, Wonogiri.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Gunung Kelir, Wonogiri.

Wisatawan dapat menyaksikan pemandangan Kecamatan Sidoharjo dari ketinggian. Wisatawan hanya perlu berkendara selama 26 menit dari Kitagawa Pesona Bali untuk menjangkau kawasan ini.

Bagi wisatawan yang berniat mengunjungi obyek wisata tersebut jangan lupa untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com