Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Aktivitas Wisata di Pos Bloc Jakarta, Santai di Bean Bag sampai Foto-foto

Kompas.com - 20/10/2021, 13:28 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

 

KOMPAS.comPos Bloc Jakarta merupakan salah satu spot wisata dan kuliner kekinian terbaru di Jakarta Pusat, tepatnya di seberang Pasar Baru.

Tempat yang sudah dibuka sejak pertengahan September 2021 dan diresmikan pada awal Oktober ini menawarkan suasana vintage lantaran letaknya berada di Gedung Filateli Jakarta.

Baca juga: Pos Bloc Jakarta Sudah Buka, Simak Syarat Kunjungannya

Sebab, melansir Kompas.com, Senin (29/3/2021), bekas Gedung Post Telefon en Telegraf (kantor pos) ini dibangun oleh arsitek Belanda yaitu JF Von Hoytema pada 1912-1929.

Kendati demikian, saat ini cagar budaya Jakarta tersebut sudah disulap menjadi tempat nongkrong kekinian yang patut dikunjungi saat berada di Jakarta Pusat.

Jika ingin berkunjung dalam waktu dekat, berikut Kompas.com rangkum lima kegiatan yang dapat dilakukan saat berwisata ke Pos Bloc Jakarta, Rabu (20/10/2021):

Baca juga: 6 Alasan Kenapa Harus Wisata ke Setu Babakan di Jakarta Selatan

1. Jajan produk ekraf UMKM lokal

Pos Bloc memiliki beragam toko yang menjual kuilner dan produk ekonomi kreatif (ekraf) dengan harga terjangkau.

Beberapa yang dapat ditemui adalah sepatu, sendal, barang-barang antik, masker kain, kaos kaki, tas jinjing, tas kecil untuk perlengkapan makeup, aromaterapi ruangan, pakaian, keripik, coklat, dan camilan ringan.

Pos Bloc Jakarta, Sabtu (16/10/2021).kompas.com / Nabilla Ramadhian Pos Bloc Jakarta, Sabtu (16/10/2021).

2. Santai di area bean bag

Tempat wisata dan kuliner ini memiliki area bean bag yang berada pada area luar ruangan di tengah gedung. Untuk menuju ke sana, kamu bisa masuk lewat sisi kiri area tribun.

Pada area bean bag, terdapat beberapa bean bag warna-warni dan meja kecil untuk makan atau minum.

Namun, siap-siap untuk rebutan dengan pengunjung lain jika ingin duduk di sini karena area bean bag merupakan salah satu spot favorit pengunjung saat di Pos Bloc Jakarta.

Baca juga: Itinerary 3 Hari 2 Malam di DKI Jakarta, Wisata Budaya di TMII

3. Lesehan di tribun

Area tribun merupakan undakan tinggi yang berada di aula Gedung Filateli Jakarta. Pengunjung bisa langsung menemukannya saat memasuki pintu gedung.

Wisatawan yang ingin menikmati suasana Pos Bloc atau sekadar duduk santai bisa melakukannya di sini. Namun, posisi duduk harus mengikuti aturan jaga jarak yang sudah diterapkan lewat tanda-tanda yang diletakkan di sana.

Sebuah pameran di dalam gedung Pos Bloc Jakarta, Sabtu (16/10/2021).kompas.com / Nabilla Ramadhian Sebuah pameran di dalam gedung Pos Bloc Jakarta, Sabtu (16/10/2021).

4. Foto-foto dengan konsep jadul

Meski merupakan bangunan tua, namun Gedung Filateli Jakarta masih terlihat megah dan keasliannya tetap terjaga walau kini diubah menjadi tempat nongkrong kekinian.

Apabila ingin foto-foto dengan konsep jadul, kamu bisa melakukannya di depan bangunan gedung atau pada bagian dalam gedung dengan latar belakang kaca patri khas bangunan Hindia Belanda.

Baca juga: 10 Pantai Dekat Jakarta, Cocok untuk Para Pencinta Ketenangan

5. Foto-foto di photobox

Tempat wisata ini memiliki studio photobox yang letaknya berada di bawah tribun. Jika ingin foto-foto dengan konsep berbeda, kamu perlu siap-siap mengantre lama karena studio ini kerap dikunjungi wisatawan.

Pos Bloc Jakarta berlokasi di Jalan Pos nomor 2, Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat. Kawasan Pos Bloc buka setiap hari biasa pukul 10.00-21.00 WIB dan akhir pekan pukul 07.00-21.00 WIB.

Kawasan wisata dan kuliner ini letaknya dekat dengan Pasar Baru, Masjid Istiqlal, Gereja Katedral Jakarta, dan Lapangan Banteng.

Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat berkunjung tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, dan tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com