Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/10/2021, 14:11 WIB
Wisang Seto Pangaribowo,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Taman Pintar (TP) mulai resmi dibuka pada Rabu (20/10/2021). Pembukaan ini menyusul penurunan level Yogyakarta Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) ke level 2.

Selama PPKM level 4 dan Level 3, lokasi wisata di Kota Yogyakarta tutup termasuk TP. Tempat wisata ini ditujukan untuk anak-anak dan remaja.

Humas dan Marketing Taman Pintar Kota Yogyakarta Adi Setiawan menjelaskan, kali ini Taman Pintar sudah resmi buka dan sudah tidak dalam masa percobaan.

Baca juga: Turun ke PPKM Level 2, Wisata Yogyakarta Boleh Buka dengan Syarat

Seluruh persyaratan untuk membuka tempat wisata sudah dipenuhi pengelola Taman Pintar. Persyaratan itu, seperti sertifikat CHSE dan QR Code Aplikasi Peduli Lindungi.

"Kalau hari ini tanggal merah sudah tidak uji coba, sudah buka total. Persyaratan sudah dipenuhi seperti sertifikat CHSE sudah, pedulilindungi sudah izin lainnya juga sudah. Mulai hari ini kita sudah buka resmi," kata dia, Rabu (20/10/2021).

Sesuai aturan di dalam PPKM level 2, anak 12 tahun sudah dierbolehkan untuk masuk ke tempat wisata. Namun, anak-anak masuk harus didampingi orangtua yang punya aplikasi PeduliLindungi.

Planetarium di Taman Pintar Yogyakarta yang pernah di kagumi oleh Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie, Kamis (12/9/2019).KOMPAS.COM/YUSTINUS WIJAYA KUSUMA Planetarium di Taman Pintar Yogyakarta yang pernah di kagumi oleh Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie, Kamis (12/9/2019).

Untuk kapasitas TP saat ini sesuai dengan aturan PPKM level 2 yakni sebanyak 25 persen. Sedangkan total kapasitas TP sebanyak kurang lebih 500 orang.

Menurut dia, pembukaan kali ini di luar ekspektasi karena pada saat pembukaan sempat mundur. Namun saat boleh buka, ada respons baik oleh masyarakat.

"Ini sebenarnya agak diluar ekspektasi karena kita mikirnya baru pertama kali dibuka dan bukanya kita agak mundur karena persiapan, pengunjung sudah lumayan banyak," kata dia.

Baca juga: Wisata Gunungkidul Resmi Dibuka

Ia berharap kunjungan wisatawan dapat stabil mengingat saat tutup, banyak pertanyaan dari calon wisata yang menanyakan kapan TP buka.

"Harapannya kita bisa stabil kunjungannya paling tidak meningkat karena pada saat tutup banyak pertanyaan dari pengunjung melalui medsos, hingga datang langsung kita pengennya seperti ini," kata dia.

Sementara itu salah satu pengunjung TP dari Surabaya Ayu Kusuma mengatakan kunjungannya ke TP bertepatan dengan libur anak sekolah dan penurunan level PPKM, sehingga destinasi wisata sudah diperbolehkan untuk buka.

Baca juga: Wisatawan ke Yogyakarta Diimbau Reservasi via Aplikasi Visiting Jogja

"Kebetulan liburan anak-anak habis ujian butih refreshing," kata dia.

Ia mendapatkan kabar TP mulai dibuka melalui internet.

"Kemarin sudah ada rencana kesini browsing-browsing dan banyak wisata di Yogyakarta banyak yang buka," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com