Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/10/2021, 20:13 WIB
Andi Hartik,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Batu dan Kota Malang, Jawa Timur, meningkat setelah anak usia di bawah 12 tahun boleh masuk tempat wisata.

Ketentuan tersebut berlaku setelah status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Batu dan Kota Malang turun dari level 3 ke level 2.

Hal ini berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) nomor 53 tahun 2021 tentang PPKM di wilayah Jawa dan Bali.

Sebelumnya, saat Kota Batu dan Kota Malang berada di level 3, anak usia di bawah 12 tahun dilarang masuk ke tempat wisata.

Baca juga:

Direktur Taman Rekreasi Selecta, Kota Batu, Sujud Hariadi mengatakan, peningkatan jumlah wisatawan hampir tiga kali lipat dibandingkan ketika anak usia di bawah 12 tahun dilarang masuk tempat wisata.

"Alhamdulillah, (kunjungan wisatawan) meningkat 300 persen," katanya, Rabu (20/10/2021).

Sujud menjelaskan, saat anak usia di bawah 12 tahun masih dilarang, angka kunjungan tertinggi sekitar 800 orang dalam sehari.

Hal itu karena banyak wisatawan yang putar balik akibat ketentuan anak usia di bawah 12 tidak boleh masuk.

Saat ini, ketika anak usia di bawah 12 tahun diperbolehkan masuk, jumlah kunjungan meningkat hingga tembus 2.200 wisatawan.

"Jadi peningkatannya hampir tiga kali lipatnya," katanya.

Malang Night Paradise di Kota Malang, Jawa Timur. DOK. malangnightparadise.com Malang Night Paradise di Kota Malang, Jawa Timur.

Meski begitu, pemulihan pariwisata masih harus bertahap karena saat sebelum pandemi Covid-19 melanda, jumlah kunjungan wisatawan ke Selecta berkisar 10.000-15.000 orang.

Kondisi serupa terlihat di lokasi wisata di bawah manajemen Hawai Group di Kota Malang.

Tempat wisata itu juga mengalami peningkatan kunjungan usai anak di bawah usia 12 tahun boleh masuk.

"Pengunjung mengalami peningkatan setelah kemarin sudah diperbolehkan. Tetapi tren positif ini tetap kami jaga. Kapasitas maksimal yang diperbolehkan maksimal 25 persen. Kami menerapkan maksimal 10 persen dari kapasitas maksimal kami," kata Corporate Communication Hawai Group Kota Malang, Andi Prasetya.

Baca juga:

Kendati terdapat peningkatan kunjungan, pengelola tempat wisata tetap menerapkan protokol kesehatan secara maksimal.

Anak usia di bawah 12 tahun diperbolehkan masuk ke lokasi wisata jika mendapat pendampingan dari orang tua. Mereka juga didata untuk keperluan pelacakan atau tracing jika dibutuhkan di kemudian hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com