Kompas.com - 22/10/2021, 10:14 WIB

KOMPAS.com - Aturan perjalanan orang dalam negeri terbaru yang efektif mulai Kamis (21/10/2021) akan menjadi rujukan aturan perjalanan saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) nanti.

Hal ini diumumkan oleh Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati.

“Aturan yang ada saat ini juga dalam rangka menyusun langkah antisipasi menjelang Nataru,” terangnya dalam konferensi pers virtual, Kamis.

Selain itu, aturan perjalanan via jalur darat, udara, dan laut saat ini merupakan salah satu cara untuk melihat apakah pola yang diterapkan tepat untuk dilakukan, sembari menjaga mobilitas masyarakat tetap aman dan sehat.

“Ini cara kita melakukan evaluasi. Hasil evaluasi akan menjadi rujukan bagi kami untuk menyusun kebijakan menjelang Nataru,” imbuh dia.

Lebih lanjut, Adita mengimbau agar seluruh operator moda transportasi dapat melakukan sosialisasi terhadap aturan yang saat ini sudah berlaku.

Baca juga:

“Kami juga terus belajar dari berbagai pengalaman libur panjang untuk antisipasi agar moda transportasi bisa mengikuti ketentuan, dan tidak punya potensi untuk terjadi penularan dalam transportasi,” kata Adita.

Untuk diketahui, saat ini Kemenhub merilis empat surat edaran (SE) tentang perjalanan orang dalam negeri selama pandemi Covid-19 yang berlaku hingga informasi lebih lanjut.

Empat SE tersebut adalah SE Kemenhub Nomor 86 Tahun 2021 untuk transportasi darat dan SE Kemenhub Nomor 87 Tahun 2021 untuk transportasi laut.

Kemudian SE Kemenhub Nomor 88 Tahun 2021 untuk transportasi udara, dan SE Kemenhub Nomor 89 Tahun 2021 untuk perkeretaapian.

“Empat SE Kemenhub yang ditetapkan hari ini, 21 Oktober 2021, mulai berlaku pada tanggal yang sama. Kecuali untuk transportasi udara. SE Kemenhub Nomor 88 Tahun 2021 mulai efektif pada 24 Oktober pukul 00.00 WIB,” tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.