Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepulauan Banyak Aceh, 99 Pulau dengan Paduan Pasir Putih dan Laut Biru

Kompas.com - 24/10/2021, 13:46 WIB
Nabilla Ramadhian,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kabupaten Aceh Singkil merupakan salah satu destinasi wisata bahari di Provinsi Aceh yang patut dikunjungi wisatawan.

Baca juga: Pulau Banyak, Perawan di Barat Indonesia

Kabupaten di barat Indonesia ini merupakan lokasi Kepulauan Banyak yang menawarkan alam yang masih alami berupa pantai berpasir putih, laut jernih, dan langit biru.

Baca juga:

Kepulauan Banyak merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Aceh Singkil. Letaknya di perairan Samudra Hindia atau sekitar 37 kilometer (km) dari daratan Sumatera.

Pulau dengan hamparan pantai pasir putih

Sesuai namanya, kepulauan ini meliputi banyak pulau. Terdiri dari 99 pulau besar dan kecil, hampir semua gugusan pulau di Kepulauan Banyak memiliki pantai berpasir putih.

Pulau Palambak, misalnya, memiliki hamparan pantai pasir putih sepanjang lebih dari 5 km.

Destinasi wisata Pulau Palambak di Pulau Banyak, Kabupaten Aceh Singkil, Aceh.SHUTTERSTOCK / Michaela Wild Destinasi wisata Pulau Palambak di Pulau Banyak, Kabupaten Aceh Singkil, Aceh.

Melansir Kompas.com, (15/7/2014), wisatawan yang berkunjung ke Pulau Palambak bisa bermain pasir, atau berjemur menikmati sinar matahari.

Pulau dengan titik untuk menyelam

Sementara untuk pulau lain, terdapat titik untuk menyelam dan melihat pemandangan bawah laut seperti terumbu karang atau ikan warna-warni.

Salah satunya adalah Pulau Tailani. Wisatawan bahkan tidak perlu menyelam lantaran ekosistem bawah laut mudah terlihat karena air lautnya yang jernih.

Pulau untuk berselancar

Jika ingin berselancar, Pulau Banyak memiliki sejumlah pulau dengan ombak yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan tersebut seperti Pulau Bangkaru.

Rata-rata tinggi gelombang ombaknya adalah 5-6 menit dan datang setiap satu menit sekali, terutama saat musim angin barat antara April-Agustus.

Pulau Bangkaru juga rumah bagi tempat konservasi penyu hijau. Pada bulan tertentu, banyak penyu hijau bertelur di pulau ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com