Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/10/2021, 17:15 WIB

KOMPAS.com - Desa Wisata Nusa di Aceh Besar menawarkan daya tarik berupa edukasi kebencanaan.

Desa wisata ini juga masuk dalam daftar 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Desa Wisata Nusa terletak di Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh. Kondisi geografis kawasan tersebut menawarkan pemandangan alam.

"Akses menuju Desa Wisata Nusa cukup mudah karena terletak di Kabupaten Aceh Besar yang tak terlalu jauh dari Banda Aceh, Ibu Kota Provinsi Aceh," tutur salah satu inisiator dan pengelola Desa Wisata Nusa, Rubama, saat dihubungi Kompas.com, pada Selasa (26/10/2021).

Waktu tempuh ke Desa Wisata Nusa di Aceh Besar dari Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda adalah sekitar 36 menit menggunakan kendaraan roda empat. Harap diperhatikan bahwa lama perjalanan tergantung pada situasi yang ada. 

Dari Bandara Sultan Iskandar Muda di Banda Aceh, wisatawan bisa berkendara ke arah utara sejauh enam meter, kemudian belok kiri sampai menemukan bundaran.

Ambil jalan keluar pertama menuju Jalan Bandara Sultan Iskandar Muda, lalu di bundaran selanjutnya mengambil jalan keluar ketiga.

Baca juga:

Dari area itu, lurus hingga di bundaran selanjutnya kembali mengambil jalan keluar kedua menuju Jalan Lintas Barat Sumatera.

 

Setelah berkendara sejauh 7,7 kilometer, belok kiri menuju Jalan Cut Nyak Dien di perempatan.

Wisatawan hanya perlu berkendara mengikuti Jalan Cut Nyak Dien menuju Lapas Kelas III Lhoknga. Sekitar beberapa ratus meter dari Lapas tersebut, akan ada persimpangan.

Desa Wisata Nusa, Aceh Besar, Aceh DOK. Instagram.com/gampongnusaku Desa Wisata Nusa, Aceh Besar, Aceh DOK. Instagram.com/gampongnusaku

Belok kiri di persimpangan tersebut untuk menuju Kalam Nusa. Wisatwan hanya perlu berkendara lurus sejauh 880 meter untuk sampai di Desa Nusa, Aceh Besar.

Selama berwisata di Desa Wisata Nusa, pengunjung dapat belajar mengenai seni dan budaya masyarakat setempat, mulai dari tari tradisional hingga kelas memasak sajian khas Aceh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+