Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Janji Sandiaga di Desa Wisata Ngilngof Maluku: Perbaikan Jaringan Internet

Kompas.com - 28/10/2021, 19:52 WIB
Nabilla Ramadhian,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi

MANYEU, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menjanjikan adanya perbaikan jaringan internet di Desa Wisata Ngilngof, Kecamatan Manyeu, Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku.

"(Masalah) jaringan ini ingin langsung kami eksekusi. Dari 50 desa wisata, kami sudah miliki catatan-catatan," jelas Sandiaga saat konferensi pers di Desa Wisata Ngilngof, Pulau Kei Kecil, Kabupaten Maluku Tenggara, Kamis (28/10/2021).

Baca juga: Pantai Ngurbloat di Maluku Tenggara, Konon Punya Pasir Putih Terhalus di Dunia

"Janji saya, antara tiga sampai enam bulan akan ada peningkatan. Saya juga dari bandara, sinyal langsung hilang," sambungnya.

Dia juga mengatakan sempat mengalami masalah saat ingin mengakses aplikasi PeduliLindungi yang tidak terbuka karena masalah jaringan.

Baca juga: Wisata Kepulauan Kei Maluku Tenggara, Ada Hukum Adat dan Pantai Indah

Kompas.com sempat berkunjung ke Desa Wisata Ngilngof pada Kamis (28/10/2021) dan mengalami hal yang sama, sinyal operator penuh tetapi jaringan internet tidak ada sesaat setelah keluar dari Bandara Karel Sadsuitubun Langgur, Kei Kecil, Maluku Tenggara.

Pantai Ngurbloat, pantai dengan hamparan pasir putih terhalus di dunia di Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku.ARSIP KEI ISLANDS Pantai Ngurbloat, pantai dengan hamparan pasir putih terhalus di dunia di Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku.

Permasalahan di sebagian besar desa wisata

Sandiaga mengungkapkan, sulitnya mendapat jaringan internet atau sinyal merupakan hal yang kerap ditemukan di setiap desa wisata.

Namun, menurutnya, masalah ini jarang ditemukan di desa-desa wisata yang berlokasi di Pulau Jawa dan Bali.

"Kami sudah kerja sama dengan Kominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika) dan operator penyedia jaringan. Dari hasil kunjungan ke sini, kita berikan prioritas untuk daerah-daerah wisata agar terhubung dan tercakup jaringan internet handal," tutur Sandiaga.

Dia mengatakan, perbaikan jaringan internet di Desa Wisata Ngilngof merupakan hal yang paling utama.

Menurut Sandiaga, saat ini banyak wisatawan mulai dari generasi muda hingga tua yang sangat senang untuk langsung mengunggah hasil swafoto.

Baca juga: Melihat Bali di Maluku Tenggara

Kemudian, sambungnya, jaringan internet juga diperlukan bagi wisatawan yang ingin melakukan pembayaran atau pembelian secara daring dan mengakses aplikasi PeduliLindungi.

"Ini jadi PR karena pariwisata seharusnya, seperti yang dikatakan Pak Bupati Maluku Tenggara Muhamad Thaher Hanub yang menyinggung angka kemiskinan, pariwisata adalah sektor terbaik untuk menekan angka kemiskinan," jelas Sandiaga.

Lebih lanjut, pariwisata menurut dia juga menciptakan enam kali lipat lebih banyak lapangan kerja jika dibandingkan dengan sektor lain.

Baca juga: Pulau Bair di Maluku Tenggara, Pulau Kosong dengan Alam yang Menakjubkan

Desa Wisata Ngilngof terletak di Kepulauan Kei, tepatnya masuk Kecamatan Manyeuw, Kabupaten Maluku Tenggara.

Desa ini terkenal dengan Pantai Ngurbloat berpasir putih dan halus yang membentang sepanjang 3 kilometer.

Desa ini masuk dalam daftar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Baca juga: 50 Desa Wisata Terbaik di Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com