Kompas.com - 29/10/2021, 08:09 WIB

KOMPAS.com - Minat masyarakat terhadap wisata alam dan petualangan pada masa pandemi kian tinggi.

Berdasarkan Survei Adventure Outlook 2022, menunjukkan hampir semua responden atau sebanyak 99 persen menyatakan berminat melakukan perjalanan wisata alam maupun petualangan.

Keinginan itu dibarengi dengan kesadaran masyarakat akan pentingnya penerapan Clean (bersih), Healthy (sehat), Safety (aman) dan Environment Sustainability (CHSE) serta asuransi perjalanan.

Baca juga: 6 Tempat Wisata Gunungkidul Sudah Dapat Sertifikat CHSE

Dalam survei tersebut menunjukkan persepsi responden yang sebagian besar (86,2 persen) menyatakan sangat penting dan penting diberlakukannya CHSE pada masa pandemi.

“Hasil survei ini memberi gambaran pada pelaku industri pariwisata alam dan petualangan untuk lebih memperhatikan konsep-konsep dan kebijakan pemerintah terkait protokol kesehatan dan keamanan serta kenyamanan berwisata di era baru,” ujar Heru Prasetya, Kepala Litbang Arah Kita Media Group yang timnya melakukan survei Adventure Outlook 2022, seperti dikutip dari siaran pers diterima Kompas.com.

Survei Adventure Outlook 2022 dilakukan Indonesia International Outdoor Festival pada bulan Oktober 2021. Survei berhasil menjaring 2.009 responden dengan data error sebanyak 4,5 persen.

Baca juga: Itinerary 1 Hari di Pekalongan Jawa Tengah, Wisata Alam dan Glamping

Hasil survei menunjukkan sebaran responden mencakup 27 provinsi, dengan jumlah responden tertinggi tiga besar ada di Jawa Barat, DKI Jakarta, disusul Banten.

Sebanyak 72,7 persen responden juga menganggap pentingnya operator memperhatikan penerapan bukti vaksin dan disiplin protokol kesehatan.

Ilustrasi mendaki gunungkieferpix Ilustrasi mendaki gunung

Gaya Berwisata

Heru menjelaskan, survei juga membidik gaya atau kebiasaan berwisata responden.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.