Kompas.com - 29/10/2021, 17:33 WIB

KOMPAS.comDesa Wisata Ngilngof merupakan desa di Kecamatan Manyeu, Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku, yang terkenal dengan Pantai Ngurbloat.

Pantai tersebut berpasir putih dan halus yang membentang sepanjang tiga kilometer (3 km)

Desa ini masuk daftar 50 desa wisata terbaik dalam Anugerah Desa wisata Indonesia (ADWI) 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Menparekraf Sandiaga Uno sempat melakukan kunjungan ke Desa Wisata Ngilngof pada Kamis (28/10/2021). Dalam kunjungannya, dia mengatakan bahwa desa ini membuatnya terpana.

Baca juga:

“Tersentuh dengan keramahan masyarakat, Pantai Ngurbloat dan Yanroa, Danau Ablel, spot diving, pasir putih, dan tradisi,” tuturnya saat konferensi pers di Desa Wisata Ngilngof, Pulau Kei Kecil, Kabupaten Maluku Tenggara, Kamis.

“Dan wisata religi yakni gereja yang dibangun oleh seorang haji. Menunjukkan bahwa di Maluku Tenggara, toleransi beragamanya sangat tinggi dan saling menghargai,” sambung dia.

Kendati demikian, dia memiliki tiga catatan dan usulan untuk Desa Wisata Ngilngof yakni sebagai berikut, Jumat (29/10/2021):

1. Pengadaan branding yang kuat

Sandiaga mengungkapkan bahwa pasir Pantai Ngurbloat kerap membuatnya terpana. Alhasil, dia mengusulkan agar Desa Ngilngof dan masyarakat setempat memiliki branding yang kuat melalui pantai tersebut.

“Sebelumnya enggak pernah dapat branding yang kuat tentang pasir terhalus. Mungkin ada, tapi belum masif. Branding yang kuat ini yang ingin kita dorong,” usulnya.

Berbicara tentang Desa Wisata Arborek di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Sandiaga mengatakan bahwa Desa Wisata Ngilngof tidak jauh berbeda dalam menawarkan sensasi berwisata yang luar biasa.

Selain itu, keindahan alam Desa Wisata Ngilngof menurutnya juga tidak kalah dari Desa Wisata Arborek. Terutama perihal bentang pasir putih terhalus di dunia.

“Orang pasti akan datang karena branding yang luat,” ujar dirinya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.