Kompas.com - 30/10/2021, 07:14 WIB

KOMPAS.com - Temanggung adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Sebagian besar wilayahnya merupakan dataran tinggi dan pegunungan, yakni bagian dari rangkaian Dataran Tinggi Dieng.

Di kabupaten ini terdapat sejumlah tempat wisata alam, salah satunya Wisata Alam Posong yang berada di Desa Tlahap, Kledung, Temanggung.

Tempat wisata alam tersebut terkenal sebagai spot terbaik untuk menyaksikan matahari terbit dari balik pegunungan. Wisatawan dapat melihat matahari menyinari Gunung Merapi, Merbabu, dan Andong yang kemudian berubah menjadi siluet.

Baca juga: Wisata Alam Posong Temanggung, Ada Golden Sunrise dari Balik Gunung

Di sekitar Wisata Alam Posong juga terdapat tempat-tempat wisata lainnya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi.

Berikut adalah empat tempat wisata di sekitar Wisata Alam Posong:

Embung Kledung

Tempat wisata bernama Embung Kledung di Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah (https://jatengprov.go.id/).https://jatengprov.go.id/ Tempat wisata bernama Embung Kledung di Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah (https://jatengprov.go.id/).

Wisata alam yang terletak di antara Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing ini berjarak sekitar 5,7 kilometer (km) dari Wisata Alam Posong.

Embung Kledung berlokasi di Jalan Raya Parakan-Wonosobo No. Km 12, Area Sawah, Kledung, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung.

Lokasinya tidak jauh dari area parkir, sehingga tidak diperlukan waktu yang lama untuk mencapai tujuan.

Panorama alam yang disuguhkan di tempat wisata alam ini menjadi salah satu daya tarik utamanya, yakni pemandangan Gunung Sindoro dan danau buatan yang besar.

Danau tersebut menjadi tempat aneka ikan hias air tawar, sehingga wisatawan dapat memberi makan ikan sembari menikmati pemandangan alam di lokasi.

Salah satu aktivitas yang dapat dilakukan di kawasan Embung Kledung adalah berkemah. Kawasan ini menyediakan area camping yang luas dan tempat penyewaan peralatan camping.

Dilansir dari situs Media Center Temanggung, dengan biaya pendaftaran sebesar Rp 15.000 per orang, wisatawan dapat berkemah di tempat itu.

Pengelola juga menyediakan penyewaan tenda dengan biaya Rp 40.000-Rp. 60.000 tergantung kapasitas tenda.

Kawasan wisata alam ini memiliki sejumlah spot foto, di antaranya Tangga Warna-Warni sebelum menuju ke lokasi. Selain itu, terdapat ayunan dan hiasan bunga-bunga berlatar pemandangan Gunung Sindoro serta danau.

Beberapa sarana yang disediakan di tempat wisata ini adalah toilet, musala, dan warung-warung makan dan minuman.

Embung Kledung buka setiap hari selama 24 jam. Dengan membayar biaya tiket masuk mulai dari Rp 5.000 per orang, wisatawan dapat menikmati pemandangan alam di kawasan ini.

Baca juga: Embung Sikembang Pagergunung yang Indah Dikelilingi Pegunungan

Embung Bansari

Embung Bansari, Temanggung Embung Bansari, Temanggung

Embung dikenal sebagai sebuah tempat penampungan air, khususnya saat musim hujan agar dapat dimanfaatkan pada musim kemarau.

Embung Bansari berlokasi di Desa Bansari, Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung. Letaknya di ketinggian sekitar 1.300 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Dilansir dari situs Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak, Embung Bansari dibangun sebagai konservasi, irigasi tetes perkebunan, dan mengatasi kekurangan air pada saat musim kemarau. Selain itu daerah sekitar embung juga dikembangkan menjadi tempat wisata.

Perjalanan menuju lokasi cukup jauh, sekitar tiga km. Jalur yang dilalui merupakan jalan berbatu dan masih berupa tanah dan menanjak.

Baca juga: Berkat Embung, Petani di Sorong Raup Untung

Saat cuaca cerah, wisatawan dapat melihat penampakan sembilan gunung.

Sembilan gunung tersebut adalah Gunung Sindoro, Sumbing, Merbabu, Prau, Andong, Merapi, Telomoyo, Muria, dan Ungaran.

Di malam hari, wisatawan juga dapat melihat lampu-lampu kota dari ketinggian.

Kawasan ini masih dalam tahap pembangunan, sehingga fasilitas yang disediakan masih kurang lengkap.

Pengunjung disarankan membawa bekal sendiri karena tidak ada warung-warung makanan atau minuman. 

Embung Bansari buka setiap hari selama 24 jam. Wisatawan yang berkunjung tidak dikenakan biaya, alias gratis.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.