Kompas.com - 31/10/2021, 10:05 WIB
Jember Fashion Carnival (JFC) sekarang sudah diakui sebagai agenda yang ada di peringkat ketiga karnaval terbesar di dunia. ARSIP KEMENPARJember Fashion Carnival (JFC) sekarang sudah diakui sebagai agenda yang ada di peringkat ketiga karnaval terbesar di dunia.

JEMBER, KOMPAS.com - Jember Fashion Carnival (JFC) 2021 akan kembali hadir pada 20-21 November 2021.

Namun, acara karnival tahun ini akan digelar secara hybrid dan tertutup. Lokasi acaranya berada di ballroom salah satu hotel di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Sebelum pandemi Covid-19, JFC biasanya digelar di jalan raya sepanjang 3,6 kilometer dengan melibatkan ribuan peserta dari berbagai daerah.

Baca juga: Jember Fashion Carnaval, Ajang Branding Jember dan Indonesia

Tema tahun ini adalah "Virtue Fantasy" dan diselenggarakan dalam jumlah peserta terbatas serta menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Tema besar JFC tahun ini yakni 'Virtue Fantasy' yang menggambarkan perjalanan menemukan nilai-nilai kehidupan yang disimbolkan melalui hewan-hewan fantasi, seperti kesetiaan, kebijaksanaan, dan kepedulian," kata Presiden JFC Budi Setiawan seperti dikutip dari ANTARA.

Budi menjelaskan JFC 2021 meliputi empat rangkaian kegiatan karnaval, yakni Pet dan Wonderful Archipelago Indonesia (WACI), Artwear Carnival, International World Kids Carnival, serta Grand Carnival.

Baca juga: Mimpi Pendiri Jember Fashion Carnaval Kalahkan Karnaval Rio de Janeiro

"Ada sembilan defile yang akan tampil yakni Komodo, Flaminggo, Elephant, Sea Dragon, Dragonfly, Dove, Unicorn, Honey Bee dan Lion," tuturnya.

Ia menjelaskan peserta JFC meliputi masyarakat umum, komunitas, peserta WACI dari beberapa provinsi, komunitas pecinta hewan piaraan, serta lembaga pendidikan.

Peserta WACI memperagakan busananya, dalam kegiatan Jember Fashion Carnival (JFC) International Event ke 14, di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu (29/8/2015)KOMPAS.com/ Ahmad Winarno Peserta WACI memperagakan busananya, dalam kegiatan Jember Fashion Carnival (JFC) International Event ke 14, di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu (29/8/2015)

Sementara itu, International World Kids Carnival juga diikuti perwakilan beberapa negara secara daring.

"Kegiatan JFC tahun ini akan dipadukan dengan program destinasi wisata di Jember, sehingga dapat diikuti oleh para tamu dan wisatawan," katanya.

Baca juga: 5 Destinasi Wisata Tepi Laut di Jember yang Bisa Dikunjungi

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.