Kompas.com - 01/11/2021, 15:38 WIB

KOMPAS.com - Pelaku perjalanan udara di wilayah Jawa dan Bali boleh menunjukkan hasil negatif tes antigen agar bisa naik pesawat.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy setelah rapat evaluasi PPKM pada Senin, (1/11/2021).

"Untuk wilayah Jawa dan Bali, perjalanan udara tidak lagi mengharuskan menggunakan tes PCR, tetapi cukup menggunakan tes antigen," kata Muhadjir dari kanal YouTube Sekretariat Kabinet RI, Senin.

Dilansir dari Kompas.com, Senin, ia menambahkan bahwa aturan tersebut sama dengan aturan naik pesawat di luar wilayah Jawa dan Bali yang memberlakukan tes antigen. 

"Ini sesuai usulan Pak Menteri Dalam Negeri (Mendagri)," imbuhnya.

Baca juga:

Pengumuman yang sama juga disebutkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. 

"Perjalanan udara untuk wilayah Jawa dan Bali tidak perlu menggunakan tes PCR tapi cukup antigen," ujar Sandiaga dalam Weekly Press Briefing, Senin.

Tes PCR untuk naik pesawat dan dampaknya 

Sebagai informasi, sebelumnya pemerintah mewajibkan calon penumpang pesawat untuk menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR dalam 3x24 jam sebelum keberangkatan. Syarat tersebut berlaku untuk wilayah Jawa dan Bali, khususnya di PPKM Level 3, Level 2, dan Level 1.

Aturan itu mengacu pada Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 55 Tahun 2021 yang berlaku mulai Rabu (27/10/2021) hingga Senin. 

Sementara untuk wilayah di luar Pulau Jawa dan Bali, calon penumpang pesawat boleh menunjukkan hasil negatif tes rapid antigen dalam 1x24 jam sebelum keberangkatan sebagai alternatif.

Syarat itu berdasarkan Addendum Surat Edaran (SE) Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nomor 21 Tahun 2021. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.