Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penerbangan ke Bandara Sultan Malikussaleh Aceh Utara Mulai Normal

Kompas.com - 04/11/2021, 17:17 WIB
Masriadi ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

 

ACEH UTARA, KOMPAS.com – Jumlah penumpang pesawat dari dan menuju Bandara Sultan Malikussaleh di Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, kini berangsur normal kembali.

 

Kapasitas maskapai Wings Air yang melayani rute penerbangan dari Bandara Kualanamu di Medan, Sumatera Utara, ke Bandara Sultan Malikussaleh atau sebaliknya, terisi mencapai 80 persen dari 73 kursi yang tersedia dengan pesawat jenis ATR.

 

Baca juga:

Bisa antigen atau RT-PCR

 

Kepala Tata Usaha, Bandara Sultan Malikussaleh, Aceh Utara, Niswan, dihubungi per telepon, Kamis (4/11/2021) menyebutkan, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 96 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Udara pada Masa Pandemi Covid-19, berlaku efektif 3 November 2021.

 

Dalam surat itu disebutkan, penerbangan antar bandara di luar wilayah Pulau Jawa dan Pulau Bali, wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes rapid antigen maksimal 1x24 jam, atau surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR maksimal 3x24 jam sebelum keberangkatan.

 

Para calon penumpang pesawat juga wajib menunjukkan kartu vaksin Covid-19 (minimal vaksinasi dosis pertama).

 

“Jadi kami imbau masyarakat yang menggunakan jasa transportasi udara di kita, maka harus rapid test atau PCR dulu,” kata Niswan.

 

Suasana di Bandara Malikussaleh Lhokseumawe. Bandara ini secara resmi dikelola oleh UPBU Bandara Rembele pada 1 Januari 2019.KOMPAS.com/ IWAN BAHAGIA Suasana di Bandara Malikussaleh Lhokseumawe. Bandara ini secara resmi dikelola oleh UPBU Bandara Rembele pada 1 Januari 2019.

 

Dia menambahkan, pengecualian untuk kewajiban menunjukkan kartu vaksin diberlakukan kepada pelaku perjalanan tertentu dengan sejumlah syarat.

 

Pertama, pelaku perjalanan yang berusia di bawah 12 tahun.

 

Kedua, pelaku perjalanan dengan kondisi kesehatan khusus, dengan kewajiban melampirkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah.

 

Baca juga:

Dia opitimis dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, jumlah masyarakat yang menggunakan jasa transportasi udara akan terus meningkat.

 

“Protokol kesehatan kunci utama untuk aman dalam penerbangan. Kita pastikan bandara patuh protokol kesehatan, dan kita imbau masyarakat juga patuh,” pungkasnya.

 

Dalam sepekan bandara ini melayani penerbangan tiga kali yaitu hari Selasa, Kamis dan Sabtu. Satu-satunya maskapai melayani rute ini yaitu Wings Air dengan pesawat jenis ATR dan kapasitas 73 kursi. 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com