Kompas.com - 04/11/2021, 17:17 WIB

 

ACEH UTARA, KOMPAS.com – Jumlah penumpang pesawat dari dan menuju Bandara Sultan Malikussaleh di Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, kini berangsur normal kembali.

 

Kapasitas maskapai Wings Air yang melayani rute penerbangan dari Bandara Kualanamu di Medan, Sumatera Utara, ke Bandara Sultan Malikussaleh atau sebaliknya, terisi mencapai 80 persen dari 73 kursi yang tersedia dengan pesawat jenis ATR.

 

Baca juga:

Bisa antigen atau RT-PCR

 

Kepala Tata Usaha, Bandara Sultan Malikussaleh, Aceh Utara, Niswan, dihubungi per telepon, Kamis (4/11/2021) menyebutkan, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 96 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Udara pada Masa Pandemi Covid-19, berlaku efektif 3 November 2021.

 

Dalam surat itu disebutkan, penerbangan antar bandara di luar wilayah Pulau Jawa dan Pulau Bali, wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes rapid antigen maksimal 1x24 jam, atau surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR maksimal 3x24 jam sebelum keberangkatan.

 

Para calon penumpang pesawat juga wajib menunjukkan kartu vaksin Covid-19 (minimal vaksinasi dosis pertama).

 

“Jadi kami imbau masyarakat yang menggunakan jasa transportasi udara di kita, maka harus rapid test atau PCR dulu,” kata Niswan.

 

Suasana di Bandara Malikussaleh Lhokseumawe. Bandara ini secara resmi dikelola oleh UPBU Bandara Rembele pada 1 Januari 2019.KOMPAS.com/ IWAN BAHAGIA Suasana di Bandara Malikussaleh Lhokseumawe. Bandara ini secara resmi dikelola oleh UPBU Bandara Rembele pada 1 Januari 2019.

 

Dia menambahkan, pengecualian untuk kewajiban menunjukkan kartu vaksin diberlakukan kepada pelaku perjalanan tertentu dengan sejumlah syarat.

 

Pertama, pelaku perjalanan yang berusia di bawah 12 tahun.

 

Kedua, pelaku perjalanan dengan kondisi kesehatan khusus, dengan kewajiban melampirkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah.

 

Baca juga:

Dia opitimis dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, jumlah masyarakat yang menggunakan jasa transportasi udara akan terus meningkat.

 

“Protokol kesehatan kunci utama untuk aman dalam penerbangan. Kita pastikan bandara patuh protokol kesehatan, dan kita imbau masyarakat juga patuh,” pungkasnya.

 

Dalam sepekan bandara ini melayani penerbangan tiga kali yaitu hari Selasa, Kamis dan Sabtu. Satu-satunya maskapai melayani rute ini yaitu Wings Air dengan pesawat jenis ATR dan kapasitas 73 kursi. 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.