BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Korea Tourism Organization

Pulihkan Fisik dan Mental, Intip Itinerari 5 Hari 4 Malam Wisata Wellness di Korea Selatan

Kompas.com - 05/11/2021, 10:02 WIB

KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai memberikan beban mental bagi sebagian orang. Pasalnya, sebagian besar aktivitas harus dilakukan di rumah untuk meminimalisasi penyebaran virus corona.

Keseharian yang monoton akibat kewajiban beraktivitas di rumah pun dapat berujung pada rasa jenuh.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya mengistirahatkan diri sejenak dari hiruk pikuk berbagai rutinitas dengan mempertimbangkan untuk berangkat liburan. Adapun salah satu tren liburan yang perlu dicoba adalah wellness tour.

Untuk diketahui, wellness tour merupakan aktivitas wisata ke destinasi-destinasi tertentu guna mencapai keadaan fisik dan mental yang lebih baik.

Saat ini, banyak negara di dunia tengah menggencarkan wisata wellness. Salah satunya adalah Korea Selatan.

Negara dengan sebutan Negeri Ginseng itu merupakan salah satu pelopor aktif wellness tour dengan mengembangkan empat kegiatan utama, yaitu spa dan kecantikan, pemulihan dan meditasi, wisata alam, serta pengobatan tradisional.

Baca juga: 5 Taman Hiburan Keluarga di Korea Selatan yang Cocok untuk Wisatawan Muslim

Apabila kamu tertarik untuk mencoba wellness tour di Korea Selatan saat wisata ke luar negeri kembali diperbolehkan, berikut itinerari 5 hari 4 malam yang bisa kamu ikuti.

Hari pertama: Melepas penat dengan mencoba spa ginseng merah

Setiba di Korea Selatan, kamu bisa memulai petualangan dengan menyusuri jalan bertema Korean pop (K-Pop), Gangnam K-Star Road. Lokasinya terletak di 517 Apgujeong-dong, Gangnam-gu, Seoul.

Di Gangnam K-Star Road, pengunjung bisa menemukan banyak patung beruang besar dengan berbagai desain yang dikenal sebagai GangnamDol. Patung-patung ini merepresentasikan berbagai grup K-Pop yang tenar di Korea Selatan, seperti EXO, BTS, Super Junior, dan SNSD.

Suasana di dalam Spa 1899 Donginbi.Dok. KTO Suasana di dalam Spa 1899 Donginbi.

Setelah lelah menyusuri jalanan tersebut, kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju destinasi wellness pertama, yaitu Spa 1899 Donginbi Myeongdong Branch yang terletak di Hotel Skypark Central B1F, Myeongdong-9-gil, Jung-gu, Seoul.

Untuk mencapai lokasi tersebut, wisatawan bisa menggunakan moda transportasi bus dengan waktu tempuh sekitar 35 menit.

Spa 1899 Donginbi merupakan tempat relaksasi yang menggunakan energi ginseng merah berusia 6 tahun. Konon, ginseng merah telah digunakan para wanita Korea untuk perawatan kecantikan sejak zaman Dinasti Joseon.

Adapun sejumlah perawatan yang ditawarkan di Spa 1899 Donginbi adalah spa, facial, dan full peeling dengan harga perawatan mulai dari 121.000-297.000 won.

Usai kembali bugar dan segar, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan menyusuri Gwangjang Night Market. Pasar yang telah berdiri sejak 1905 ini terletak di Gwangjang Sijang, 88 Changgyeonggung-ro, Jongno 4 (sa)-ga, Jongno-gu, Seoul.

Night market di Gwanjang itu terkenal sebagai pasar yang menawarkan berbagai produk tekstil, seperti baju tradisional dan modern. Kamu juga bisa mencicipi berbagai jajanan kaki lima khas Korea Selatan yang nikmat dengan harga mulai dari 5.000 won.

Setelah lelah mengunjungi berbagai destinasi di hari pertama, kamu bisa mengistirahatkan diri dengan menginap di L7 Myeongdong.

Hotel bintang empat yang terletak di 137 Toegye-ro, Chungmuro 2 (i)-ga, Jung-gu, Seoul, tersebut menawarkan berbagai fasilitas yang bisa dinikmati wisatawan, seperti restoran dan rooftop yang buka 24 jam.

Adapun hotel L7 Myeongdong dibanderol dengan harga mulai dari 90.000 won per malam.

Hari kedua: Merasakan suasana alam Korea Selatan

Hari kedua merupakan waktu yang tepat untuk menikmati wisata alam di Korea Selatan. Destinasi pertama yang perlu kamu tuju adalah pantai Jumunjin tepatnya halte BTS. Bagi penggemar K-Pop, lokasi ini merupakan salah satu poin wajib di bucketlist kamu.

Baca juga: Pencinta Hallyu, Ini 4 Kawasan Wisata Ramah Muslim di Korea Selatan yang Wajib Dikunjungi

Dari hotel L7 Myeongdong, kamu memerlukan waktu perjalanan sekitar 3-4 jam menggunakan bus untuk mencapai pantai yang terletak di 210, Jumunbuk-ro, Jumunjin-eup, Gangneung-si, Gangwon-do ini.

Masih di daerah pantai Jumunjin, lanjutkan perjalanan dengan menggunakan taksi sekitar 10 menit menuju lokasi syuting drama Goblin, yaitu Jumunjin Beach Breakwater.

Untuk diketahui, Jumunjin merupakan salah satu destinasi pantai yang populer di Korea Selatan. Pasalnya, pantai ini memiliki air yang dangkal dan bersih sehingga pengunjung dapat dengan mudah mengumpulkan kerang.

Selesai bermain air, kamu bisa mengunjungi Jumunjin Seafood Village yang hanya berjarak sekitar 1,5 kilometer (km) untuk menikmati berbagai makanan laut segar.

Setelah perut kenyang, waktunya memakan kudapan sekaligus menjelajahi pusat kopi di Korea Selatan. Destinasi selanjutnya adalah Terarosa Coffee Factory yang terletak di 7, Hyeoncheon-gil, Gujeong-myeon, Gangneung-si, Gangwon-do.

Tidak hanya menikmati secangkir kopi, wisatawan bisa mengunjungi pabrik pembuatan kopi, museum, dan membeli berbagai suvenir menarik. Terarosa Coffee juga menyajikan pengalaman menikmati kopi dengan pemandangan asri dan udara Gangwon-do yang sejuk.

Adapun harga kopi di Terarosa Coffee dibanderol mulai dari 5.500 won dan jangan sampai melewatkan roti dan kue lezat andalan mereka.

Sauna di Osaek Greenyard Hotel.Dok. KTO Sauna di Osaek Greenyard Hotel.

Mengakhiri perjalanan hari kedua dan melepas penat berjelajah, menginaplah di Osaek Greenyard Hotel. Hotel yang mengombinasikan suasana retro dan modern ini terletak di kaki Gunung Seorak.

Untuk mencapai hotel tersebut, kamu bisa menggunakan moda transportasi bus lokal dengan waktu tempuh sekitar 2 jam.

Sebagai informasi, Osaek Greenyard Hotel terkenal memiliki kompleks pemandian air panas yang terintegrasi dengan konsep Pengobatan Holon khas Korea.

Hotel tersebut juga menawarkan paket menginap dan wellness program mulai dari 91.000 won per malam. Adapun berbagai wellness program yang akan wisatawan dapatkan di antaranya adalah pemandian air panas, groundwater wave bathing, makan peningkat imunitas holon, fitness, dan meditasi.

Sebagai tips, untuk menjelajahi daerah ini ada baiknya kamu menyewa mobil untuk menghemat waktu dan juga tidak terlalu lelah saat menjelajahi area tersebut.

Hari ketiga: Menenangkan pikiran dengan aktivitas yang sehat

Pada hari ketiga, kamu bisa menikmati fasilitas pemandian air panas di Osaek Greenyard Hotel. Air panas di hotel ini berasal dari mata air panas Goryeo yang telah ditemukan sejak era penjajahan Jepang.

Pengunjung juga akan mendapatkan sejumlah manfaat selama berendam di air panas Osaek Greenyard. Manfaat ini di antaranya adalah dapat membantu mencerahkan kulit, memperlancar sirkulasi darah, dan mengobati neuralgia.

Lingkungan di sekitar Osaek Greenyard Hotel.Dok. KTO Lingkungan di sekitar Osaek Greenyard Hotel.

Usai menikmati rangkaian program wellness, kamu bisa melanjutkan liburan dengan mencoba aktivitas hiking di area Seoraksan National Park. Untuk menuju ke destinasi ini, kamu perlu menaiki moda transportasi bus dengan waktu perjalanan sekitar 2 jam.

Baca juga: Simpan Dulu Liburan Kemudian, Berikut 5 Destinasi Wisata Ramah Muslim di Korea Selatan

Untuk diketahui, Seoraksan National Park merupakan salah satu tujuan hiking tersohor di kalangan wisatawan. Pasalnya, fasilitas yang disediakan oleh pengelola, seperti petunjuk arah dan jalan, sudah tersedia dalam dua bahasa, yakni Korea dan Inggris, untuk memudahkan pengunjung.

Selain hiking, kamu juga menuju puncak Gunung Seorak dengan memanfaatkan fasilitas cable car atau kereta gantung jarak pendek dengan harga sekitar 12.000 won untuk pulang dan pergi.

Selama menaiki kereta gantung, kamu akan disuguhi keindahan alam Gunung Seorak yang dihiasi dengan berbagai macam jenis bunga yang cantik.

Setelah puas menikmati destinasi di hari ketiga, kamu bisa kembali menuju ke Myeongdong menggunakan bus dengan waktu tempuh sekitar 3 jam. Sebagai catatan, jangan pulang terlalu sore agar mudah untuk menaiki moda transportasi umum.

Setelah itu, kamu juga bisa kembali menginap di L7 Myeongdong untuk mengistirahatkan diri.

Hari keempat: Mencoba pengalaman baru

Destinasi selanjutnya adalah Seoul K-Medi Center yang terletak di 26 Yangnyeongjungang-ro, Jegi-dong, Dongdaemun-gu.

Di Seoul K-Medi Center, wisatawan dapat mencoba beragam aktivitas menarik, seperti mengunjungi museum yang menyajikan obat dan makanan tradisional, food bath, kafe, serta toko perawatan kecantikan tradisional ala Korea.

Untuk masuk Seoul K-Medi Center, pengunjung hanya perlu membayar sebesar 500-1.000 won. Sementara untuk tarif program experience dibanderol mulai dari 5.000 won.

Baca juga: Hocance, Tren Staycation di Korea Selatan

Dari Seoul K-Medi Center, kamu bisa bergeser ke Ikseon-dong, sebuah wilayah yang penuh kafe, restoran, dan toko kerajinan tangan.

Sebagai informasi, awalnya Ikseon-dong merupakan kawasan perdesaan Hanok (rumah tradisional Korea) yang pertama kali didirikan pada 1920.

Seiring waktu berjalan, modernisasi pelan-pelan masuk dan melebur dengan kehidupan tradisional di Ikseon-dong. Akulturasi ini menciptakan keunikan tersendiri.

Di Ikseon-dong, wisatawan dapat menemukan berbagai toko, kafe, restoran, dan toko kerajinan dengan konsep unik dalam kawasan bernuansa tradisional.

Walaupun Ikseon-dong telah menjadi salah satu destinasi wisata populer, desa ini tetap ditinggali oleh penduduk setempat.

Kalau masih ingin menikmati destinasi yang unik, kamu bisa mengunjungi Aromind yang terletak di 19-7 Bukchon-ro 5-gil, Jongno-gu, Seoul.

Di Aromind, wisatawan akan diajak untuk belajar membuat minyak wangi. Wisatawan juga akan didampingi oleh professional perfumers untuk membuat aroma parfum sendiri dan diperkenankan untuk membawa pulang hasil kreasinya.

Untuk mengikuti kelas di Aromind, kamu perlu merogoh kocek senilai 60.000 won.

Sajian teh di Tea Therapy.Dok. KTO Sajian teh di Tea Therapy.

Pergi ke Korea belum puas rasanya jika belum mengunjungi Tea Therapy yang terletak di 74 Yunposun-gil, Samcheong-dong, Jongno-gu, Seoul.

Di Tea Therapy, wisatawan akan menemukan pengalaman minum teh yang disesuaikan dengan kebutuhan pengunjung, seperti berat badan, cara berjalan, mood, dan kondisi pencernaan. Pakar di Tea Therapy juga akan menilai aura tubuh wisatawan untuk menentukan teh yang cocok.

Selain teh, Tea Therapy juga menyajikan beragam makanan yang sehat, seperti salad, telur ikan, nasi tako jamur, nasi salmon, dan kari daging sapi.

Untuk mengunjungi destinasi wisata tersebut, wisatawan perlu membayar sesuai dengan makanan dan paket yang diambil, mulai dari 6.000-50.000 won.

Setelah puas menikmati destinasi di hari keempat, kamu bisa berkemas dan menuju ke salah satu penginapan di area sekitar bandara. Salah satunya adalah Hotel Incheon Airport dengan tarif mulai dari 60.000 won.

Untuk menuju ke penginapan tersebut, kamu bisa menggunakan moda transportasi bus atau kereta dengan waktu tempuh sekitar 2,5 jam.

Hari kelima: Menjelajahi Incheon sebagai akhir perjalanan

Hari terakhir di Korea Selatan merupakan saat yang tepat untuk menuntaskan daftar destinasi wisata yang dapat dikunjungi di sekitar wilayah bandara Incheon.

Baca juga: 5 Obyek Wisata Ramah Keluarga di Korea Selatan, Ada COEX Mall

Destinasi pertama yang bisa kamu kunjungi adalah Songwol-dong Fairy Tale Village yang terletak di Jayugongwonseo-ro 45 beon-gil, Songwol-dong 3 (sam)-ga, Jung-gu, Incheon. Destinasi ini memiliki waktu tempuh sekitar 2 jam menggunakan moda transportasi bus atau kereta.

Songwol-dong Fairy Tale Village merupakan sebuah permukiman yang disulap oleh warga setempat menjadi tempat penuh warna bak dongeng klasik. Rumah-rumah di sini pun dipenuhi berbagai macam ornamen dan gambar yang lucu.

Selain itu, wisatawan juga akan menemukan sejumlah kafe dan restoran dengan dekorasi unik ala negeri dongeng.

Selanjutnya, Chinatown Incheon yang terletak di Gaho-dong, Jung-gu, Incheon, atau sekitar 18 menit dari Fairy Tale Village. Kampung Pecinan yang dibuka sejak 1833 ini menghadirkan museum informatif dan restoran berkarakteristik China.

Adapun untuk menuju Bandara Incheon, kamu bisa menggunakan moda transportasi kereta dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Jadi, atur waktu perjalanan dari Chinatown agar tidak ketinggalan penerbangan.

Itulah itinerari 5 hari 4 malam yang bisa kamu jadikan referensi untuk mengatur rencana perjalanan wellness tour ke Korea Selatan. Itinerari ini juga bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan kamu.

Selain sejumlah kawasan di atas, Korea Selatan masih memiliki banyak destinasi yang tak kalah seru. Jangan lupa untuk segera persiapkan hari liburmu agar dapat menjelajahi berbagai destinasi tersebut.


Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Literasi dan Edukasi Sampah Plastik, Upaya Jaga Keindahan Labuan Bajo

Literasi dan Edukasi Sampah Plastik, Upaya Jaga Keindahan Labuan Bajo

Travel Update
Kenaikan Tiket Masuk TN Komodo Ditunda, Sudah Ada Turis yang Jajal Tarif 3,75 Juta Per Orang

Kenaikan Tiket Masuk TN Komodo Ditunda, Sudah Ada Turis yang Jajal Tarif 3,75 Juta Per Orang

Travel Update
Batik Air Terbang ke Samarinda dan Pekanbaru dari Halim per 1 Oktober

Batik Air Terbang ke Samarinda dan Pekanbaru dari Halim per 1 Oktober

Travel Update
7 Patung Yesus Tertinggi di Dunia, Ada yang dari Indonesia

7 Patung Yesus Tertinggi di Dunia, Ada yang dari Indonesia

Jalan Jalan
Harga Tiket Wahana Romokalisari Adventure Land, Wisata Baru Surabaya

Harga Tiket Wahana Romokalisari Adventure Land, Wisata Baru Surabaya

Travel Tips
Survei Google: Minat Wisata Warga Indonesia Saat Ini Lebih Tinggi Dibanding 2019

Survei Google: Minat Wisata Warga Indonesia Saat Ini Lebih Tinggi Dibanding 2019

Travel Update
Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta Targetkan 1 Juta Wisatawan

Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta Targetkan 1 Juta Wisatawan

Travel Update
Desa Wisata Hanjeli, Tawarkan Eduwisata Pangan yang Hampir Punah

Desa Wisata Hanjeli, Tawarkan Eduwisata Pangan yang Hampir Punah

Jalan Jalan
Tren Pariwisata Indonesia Menurut Google, Healing Jadi Kata Populer

Tren Pariwisata Indonesia Menurut Google, Healing Jadi Kata Populer

Travel Update
Wisata Sekaligus Olahraga, Cara Jitu Nikmati Indahnya Labuan Bajo

Wisata Sekaligus Olahraga, Cara Jitu Nikmati Indahnya Labuan Bajo

Travel Update
5 Tips ke Taman Literasi Martha Christina Tiahahu di Jakarta

5 Tips ke Taman Literasi Martha Christina Tiahahu di Jakarta

Travel Tips
Seharian di Blok M, Main ke Taman Literasi Martha Christina Tiahahu

Seharian di Blok M, Main ke Taman Literasi Martha Christina Tiahahu

Itinerary
3 Tips Trekking di Gunung Kapur Batu Katak, Langkat

3 Tips Trekking di Gunung Kapur Batu Katak, Langkat

Travel Tips
Pantai di Gunungkidul Makan Korban Lagi, Ini Tips Aman Saat Berkunjung

Pantai di Gunungkidul Makan Korban Lagi, Ini Tips Aman Saat Berkunjung

Travel Tips
3 Cara Packing Sebelum Trekking, Pemula Wajib Tahu

3 Cara Packing Sebelum Trekking, Pemula Wajib Tahu

Travel Tips
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.