Kompas.com - 06/11/2021, 20:32 WIB
Situasi Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (4/6/2019) Walda MarisonSituasi Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (4/6/2019)

KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan berencana untuk merevitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta Timur

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Novie Riyanto menjelaskan, revitalisasi diperlukan lantaran adanya penurunan kualitas elemen bandara, khususnya di runway. 

Sementara Bandara Halim Perdanakusuma memiliki fungsi yang cukup penting.

"Kami sedang menyiapkan desain sisi udara seperti rekonstruksi runway dan perbaikan sistem drainase. Hal-hal (tersebut) tengah kami bahas dengan berbagai pihak," ujarnya, dikutip dari Antara, Jumat (5/11/2021).

Ia menambahkan, pembahasan dilakukan bersama Kementerian Pertahanan, TNI Angkatan Udara (AU), Kementerian Keuangan, Sekretariat Negara, Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat), Angkasa Pura II, dan pihak lainnya.

Pihaknya juga tengah membahas persiapan mengenai dampak proses revitalisasi yang membutuhkan waktu sekitar setahun. 

Baca juga:

Rencana penutupan Bandara Halim Perdanakusuma

Sebelumnya diberitakan oleh Kompas.com, Sabtu (6/11/2021), Bandara Halim Perdanakusuma berencana untuk ditutup secara bertahap. 

Penutupan tersebut dimulai dari bulan November hingga sembilan bulan mendatang. 

 

Adapun, seluruh penerbangan komersial reguler akan dialihkan ke Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten.

Kompas.com, Jumat, juga memberitakan mengenai kabar fungsi Bandara Halim Perdanakusuma yang akan dikembalikan untuk kepentingan militer TNI AU dan penerbangan carter. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.