Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prameswari Equestrian di Yogyakarta, Sekolah Berkuda untuk Pemula sampai Profesional

Kompas.com - 07/11/2021, 19:33 WIB
Kistin Septiyani,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menghabiskan liburan dengan berolahraga menjadi salah satu pilihan yang patut dicoba. Jika kamu merasa bosan dengan olahraga yang umum dilakukan, kamu bisa mencoba berkuda di Prameswari Equestrian.

Prameswari Equestrian merupakan sebuah sekolah berkuda yang terletak di Jalan Laksda Adisucipto Nomor 114A, Gowok, Caturtunggal, Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

"Jadi untuk saat ini memang lebih untuk menyalurkan bakat dan hobi," tutur Yustinus Adrian, chief instructor Prameswari Equestrian, saat dihubungi Kompas.com, pada Minggu (7/11/2021).

Lebih lanjut, yustinus mengungkapkan bahwa selain tempat penyaluran hobi, pihak pengelola juga menyusun sejumlah program bagi para anggota yang memiliki keinginan untuk menekuni olahraga berkuda.

Tak hanya sekadar mengenalkan pengunjung pada olahraga berkuda, program yang disusun pengelola Prameswari Equestrian juga bertujuan untuk membimbing anggota ke jenjang yang lebih serius dan profesional.

Pada tahap awal, pihak pengelola akan menawarkan program visit yang bertujuan untuk mengenalkan olahraga tersebut pada pengunjung.

Pihak pengelola juga menyediakan program fun riding bagi pengunjung yang ingin sekedar mencoba sensasi menunggang kuda.

Baca juga: Wisata Selorejo Malang, Camping hingga Belajar Berkuda

Sesi latihan kuda di Prameswari Equestrian

Bagi pengunjung yang berniat menekuni olahraga berkuda bisa mencoba beberapa program dengan jumlah dan jadwal latihan yang disesuaikan.

Kompetisi di Prameswari Equestrian, Kabupaten Sleman, Yogyakarta DOK. Instagram.com/wennyagr Kompetisi di Prameswari Equestrian, Kabupaten Sleman, Yogyakarta DOK. Instagram.com/wennyagr

"Untuk sesi latihan dasar (durasinya) sekitar 30 menit untuk satu kali pertemuan. Tahap menengah (durasinya) 45 menit sampai 1 jam," terang Yustinus.

Dalam tahap atau program lanjutan wisatawan bisa menikmati 8 sesi latihan dalam kurun waktu dua bulan.

Baca juga: 14 Tempat Wisata Sleman yang Buka, Ada Tebing Breksi dan Studio Gamplong

Fasilitas di Prameswari Equestrian

Sebagai obyek wisata yang fokus di bidang olahraga berkuda, Prameswari Equestrian menyediakan fasilitas berupa lapangan yang telah memiliki standar.

Kompetisi di Prameswari Equestrian, Kabupaten Sleman, Yogyakarta DOK. Instagram.com/wennyagr Kompetisi di Prameswari Equestrian, Kabupaten Sleman, Yogyakarta DOK. Instagram.com/wennyagr

Pihak pengelola juga secara rutin melakukan perawatan terhadap lapangan agar kualitasnya terjaga. Kesehatan kuda yang ada di obyek wisata tersebut juga mendapat perhatian ekstra.

"Kami memiliki standar lapangan yang telah disesuaikan dengan lapangan sekolah berkuda. Jadi anggota yang berniat menekuni olahraga ini bisa mendapat fasilitas sesuai," imbuh Yustinus.

Selain lapangan kuda yang telah memenuhi standar, wisatawan juga bisa menikmati club house yang menyediakan beragam sajian.

Menurut Yustinus, club house yang berupa restoran itu awalnya dibangun sebagai fasilitas pendukung untuk anggota klub berkuda yang tergabung di Prameswari Equestrian. Akan tetapi, kini wisatawan yang bukan anggota klub juga bisa menikmati fasilitas tersebut.

Baca juga: Jam Buka dan Harga Tiket Terbaru The Lost World Castle Sleman 2021

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com