Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Bandang Kota Batu, Akses Wisata Dipastikan Aman

Kompas.com - 08/11/2021, 17:19 WIB
Andi Hartik,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Tempat-tempat wisata di Kota Batu, Jawa Timur tetap beroperasi meski daerah tersebut diterjang banjir bandang pada Kamis (4/11/2021).

Tempat wisata dipastikan aman dari terjangan banjir itu. Begitu juga dengan jalur menuju destinasi.

"Kami bersyukur untuk jalur menuju tempat wisata dan tempat wisata itu sendiri aman," kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Batu Sujud Hariadi, Senin (8/11/2021).

Baca juga: Kota Batu Dilanda Banjir Bandang, Wisata Selecta Tetap Buka

Meski begitu, jumlah kunjungan wisata turun drastis akibat terjadinya banjir bandang tersebut.

Menurut pria yang juga merupakan Direktur Taman Rekreasi Selcta itu, jumlah kunjungan menurun tajam sampai lebih dari 50 persen.

"Tanpa mengurangi rasa simpati untuk korban musibah banjir bandang di Desa Bulukerto, Bumiaji dan sekitarnya, ini memang efek pemberitaan masif tentang musibah banjir bandang dan memang cuaca agak ekstrem, curah hujan sangat tinggi," ujar Sujud.

Suasana pengunjung di lokasi wisata Selecta, Kota Batu, Jawa Timur, Minggu (16/7/2017). Selama libur sekolah, kunjungan wisatawan di lokasi itu meningkat tajam.KOMPAS.com / Andi Hartik Suasana pengunjung di lokasi wisata Selecta, Kota Batu, Jawa Timur, Minggu (16/7/2017). Selama libur sekolah, kunjungan wisatawan di lokasi itu meningkat tajam.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Batu yang juga Komandan Tim Pelaksana Penanganan Bencana Banjir Bandang Kota Batu Punjul Santoso mengatakan, tempat wisata tetap beroperasi karena lokasi terdampak banjir tidak berada di akses dan lokasi wisata.

"Pariwisata di Kota Batu hingga saat ini masih dibuka, mengingat daerah terdampak banjir bandang tidak berada di jalan raya atau di obyek-obyek wisata," katanya.

Baca juga: Aktivitas Menarik di Alun-Alun Kota Batu, Naik Bianglala hingga Wisata Kuliner

Adapun, daerah terdampak banjir bandang di Kota Batu meliputi Desa Sidomulyo, Desa Bulukerto, Desa Sumberbrantas, Desa Bumiaji, Desa Tulungrejo, Desa Punten, Desa Sumbergondo dan Desa Giripurno di Kecamatan Bumiaji.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com