Kompas.com - 09/11/2021, 21:14 WIB

KOMPAS.com - Tugu Pahlawan menjadi bangunan yang tak boleh dilupakan saat bicara tentang Hari Pahlawan.

Tugu yang terletak di Jalan Pahlawan, Alun-alun Contong, Bubutan, Surabaya, Jawa Timur, ini merupakan saksi dari pertempuran warga Surabaya pada 10 November 1945.

Dilansir dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Tugu Pahlawan didirikan di lokasi bersejarah. Lokasi tersebut memiliki makna penting dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari serangan tentara sekutu.

Tugu ini mulai dibangun pada tahun 1951. Soekarno yang saat itu menjadi Presiden Republik Indonesia menjadi sosok yang meletakkan batu pertama yang menjadi pondasi bangunan tersebut.

Tugu Pahlawan diresmikan pada 10 November 1952 silam. Pembangunannya bertujuan untuk mengenang pahlawan yang berjuang mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia dalam pertempuran 10 November 1945 di Surabaya.

Baca juga:

Sempat mengalami perubahan rancangan

Monumen Tugu Pahlawan Surabaya. Upah minimum atau UMR Surabaya (UMR Surabaya 2021)shutterstock.com/Nadezda+Murmakova Monumen Tugu Pahlawan Surabaya. Upah minimum atau UMR Surabaya (UMR Surabaya 2021)

Tugu Pahlawan pada awalnya akan dibangun dengan ketinggian mencapai 45 meter. Hal ini melambangkan tahun kemerdekaan Republik Indonesia.

Sayangnya terdapat masalah konstruksi bangunan yang dikhawatirkan tidak mampu menopang ketinggian tersebut. Akhirnya Tugu Pahlawan dibangun dengan ketinggian 41,115 meter atau setara dengan 45 yard.

Pada tahun 1988, kawasan tersebut mulai dibenahi dengan menambahkan beberapa bangunan, seperti museum, pintu masuk, patung, dan relief perjuangan.

Lapangan yang ada di bagian selatan tugu kemudian difungsikan sebagai tempat upacara dan penyelenggaraan kegiatan-kegiatan kenegaraan.

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.