Kompas.com - 10/11/2021, 14:15 WIB
Suasana objek wisata Kota Tua Jakarta di masa pandemi Kompas.com/Sonya TeresaSuasana objek wisata Kota Tua Jakarta di masa pandemi

KOMPAS.com - Kawasan wisata Kota Tua, Jakarta Barat, sudah dibuka kembali sejak akhir Oktober 2021 dengan kapasitas kunjungan maksimal 25 persen.

"Saat Jakarta memasuki PPKM Level 2 lalu memasuki Level 1, kewenangan sudah diberi ke Pemprov (Pemerintah Provinsi) untuk membuka atau menutup pariwisata. Kota Tua diputuskan untuk dibuka kembali sekitar 19-20 Oktober lalu," kata Kasubag Tata Usaha Unit Pengelola Kawasan (UPK) Kota Tua Irfal Guci di Kota Tua, Jakarta, Rabu (10/11/2021).

Dirinya menambahkan, keputusan tersebut lantaran kawasan Kota Tua sudah menerapkan protokol kesehatan CHSE sesuai rekomendasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Baca juga:

Sebagai informasi, CHSE adalah singkatan dari Cleanliness, Health, Safety, dan Environmental Sustainability.

Tidak hanya itu, pihaknya juga telah menerapkan sistem check-in di dua pintu masuk yang dibuka. Yakni di pintu masuk di Jalan Pintu Besar Utara, dan jalan dekat Taman Kota Intan. Pintu keluarnya via Lorong Batavia.

Sementara itu, pintu masuk via BNI atau Jalan Lada masih ditutup untuk mencegah kerumunan. Hal ini karena pintu masuk tersebut merupakan yang paling ramai dilewati.

Kawasan wisata sempat dibuka lalu ditutup

Museum Seni Rupa dan Keramik yang berada di Kawasan Kota Tua Jakarta.Dok. Jakarta Tourism Museum Seni Rupa dan Keramik yang berada di Kawasan Kota Tua Jakarta.

Irfal mengungkapkan, kawasan Kota Tua sempat dibuka dan ditutup selama periode PSBB berdasarkan arahan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Tapi kemudian berubah jadi tutup terus karena PPKM Level 4 dan 3, periode ini penutupannya berdasarkan kewenang pusat. Kita tidak bisa apa-apa," jelas Irfal.

"Tapi, kemarin saat memasuki PPKM Level 2 dan 1, kewenangan sudah dikasih ke provinsi dan kami langsung buka pada akhir Oktober," sambung dia.

Pembukaan kembali Kota Tua dilakukan secara bertahap. Saat ini, kawasan wisata tersebut hanya menerima 25 persen kunjungan dari kapasitas normal.

Baca juga:

Selain kawasan Kota Tua, enam museum yang berada di dalam dan sekitar kawasan juga sudah dibuka kembali yakni Museum Fatahillah atau Museum Sejarah Jakarta.

Kemudian Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Wayang, Museum Bank Indonesia, Museum Mandiri, dan Magic Art 3D Museum.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.