Kota Tua Jakarta Buka Lagi, Jumlah Kunjungan Turun dari Sebelum Pandemi

Kompas.com - 10/11/2021, 18:13 WIB

KOMPAS.com - Kawasan wisata Kota Tua di Jakarta sudah dibuka kembali sejak ditutup hampir 1,5 tahun akibat pandemi Covid-19.

Meski demikian, Kasubag Tata Usaha Unit Pengelola Kawasan (UPK) Kota Tua Irfal Guci mengungkapkan, jumlah kunjungan masih sangat jauh jika dibandingkan dengan kondisi sebelum pandemi.

"Sejak dibuka, kalau hari kerja kunjungannya agak rendah. Rata-rata hanya ratusan. Kalau akhir pekan, Sabtu-Minggu bisa di atas 3.416 kunjungan," ujar dia di Kota Tua, Jakarta, Rabu (10/11/2021).

Baca juga:

Adapun, jumlah tersebut merupakan jumlah akumulatif dan bukan jumlah kunjungan per hari pada Sabtu dan Minggu.

Sebab, UPK Kota Tua membatasi kunjungan maksimal 500 orang dalam satu waktu. Jika jumlah sudah berkurang, wisatawan selanjutnya diizinkan memasuki kawasan.

Kawasan wisata Kota Tua sudah dibuka kembali sejak akhir Oktober 2021. Namun, hingga saat ini kawasan wisata tersebut terpantau masih sepi pengunjung, Jakarta, Rabu (10/11/2021).KOMPAS.com/Nabilla Ramadhian Kawasan wisata Kota Tua sudah dibuka kembali sejak akhir Oktober 2021. Namun, hingga saat ini kawasan wisata tersebut terpantau masih sepi pengunjung, Jakarta, Rabu (10/11/2021).

Pemandu Wisata Kota Tua bernama Supriyantoro mengatakan, jumlah kunjungan pada akhir pekan bisa mencapai 2.000-3.000 orang.

"Kalau hari biasa hanya 700-an. Tapi sebelum pandemi, hari biasa bisa sampai 5.000 wisatawan, dan akhir pekan sampai 10.000-an," kata dia.

Meski jumlah yang disampaikan Irfal terbilang cukup banyak, namun ternyata jumlahnya berbanding sangat jauh jika dibandingkan dengan sebelum Covid-19.

Baca juga:

"Kalau dibanding sebelum pandemi, pada 2020, tertingginya pada Januari yakni 463.184 wisatawan. Paling rendah di Maret 2020 yakni 120.822 pengunjung," jelasnya.

Sejak Kota Wisata ditutup akibat pandemi, jumlah kunjungan kian menurun meski sempat dibuka kembali pada periode PSBB.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.