Kompas.com - 11/11/2021, 16:04 WIB

 

KOMPAS.comManusia patung merupakan salah satu atraksi wisata yang dapat disaksikan  wisatawan di Kota Tua, Jakarta.

Kendati demikian, sempat ditutupnya tempat wisata tersebut selama 1,5 tahun akibat pandemi Covid-19 membuat sebagian manusia patung memutuskan untuk pulang kampung, bahkan beralih profesi.

“Biar anak bisa jajan, istri bisa makan, dan keluarga bisa belanja, saya istilahnya ngamen ke kampung-kampung. Dari Jakarta bisa sampai ke Tangerang,” kata Yusuf (28), salah satu manusia patung di Kota Tua kepada Kompas.com di Kota Tua, Jakarta, Rabu (10/11/2021).

Pria asal Tasikmalaya ini melanjutkan, perjalanannya menuju kampung-kampung dari Jakarta sampai ke Tangerang dilakukan dengan menaiki truk-truk yang mengarah ke sana.

Baca juga:

Selama kawasan wisata Kota Tua ditutup, pendapatan harian yang dihasilkan dari ngamen bisa mencapai Rp 150.000 jika beruntung.

“Kalau lagi sepi dapat Rp 50.000-Rp 60.000 setelah kerja dari pagi sampai sore,” kata Yusuf.

Namun, pendapatan yang sedikit itu menurutnya juga pengaruh dari kampung-kampung yang dia kunjungi.

“Namanya keliling kampung, kalau setiap hari ke situ-situ terus kan enggak enak ya sama warga. Kadang mereka kalau kita keseringan jadi agak bosen (dan membayar sedikit),” sambungnya.

Yusuf (28) asal Tasikmalaya yang bekerja sebagai salah satu manusia patung di Kota Tua yang memilih karakter WR Soepratman, Jakarta, Rabu (10/11/2021).kompas.com / Nabilla Ramadhian Yusuf (28) asal Tasikmalaya yang bekerja sebagai salah satu manusia patung di Kota Tua yang memilih karakter WR Soepratman, Jakarta, Rabu (10/11/2021).

Perkenalkan sejarah Indonesia

Yusuf merupakan anggota dari Komunitas Seni Karakter Kota Tua (KSKT). Dalam komunitas yang dibina oleh Unit Pengelola Kawasan (UPK) Kota Tua ini, dia berperan sebagai WR Soepratman.

Mengingat bahwa karakter yang dipilih merupakan pahlawan nasional dan pencipta lagu “Indonesia Raya”, Yusuf memanfaatkan masa-masa ngamen di kampung sebagai wadah untuk mengajarkan sejarah Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.