Kompas.com - 12/11/2021, 09:15 WIB
Curug Citambur Kabupaten Cianjur, Jawa Barat DOK. Instagram.com/setyomangun Curug Citambur Kabupaten Cianjur, Jawa Barat DOK. Instagram.com/setyomangun

KOMPAS.com - Kabupaten Cianjur menawarkan beberapa kawasan wisata alam yang cukup digemari. Air terjun atau curug menjadi salah satu atraksi yang cukup mudah dijumpai di kawasan tersebut.

Selain itu, lokasinya yang berdekatan dengan Bandung membuat kawasan Cianjur menjadi salah satu pilihan lokasi liburan yang cocok.

Baca juga: Curug Citambur di Cianjur, Pesona Keindahan Air Terjun Setinggi 130 Meter

Berikut ini adalah rencana perjalan yang patut dicoba saat mengunjungi Kabupaten Cianjur, Jawa Barat:

Sarapan Karedok, gado-gado khas sunda

Karedok merupakan sajian berisi sayu-sayuran yang disiram bumbu kacang. Sajian ini merupakan makanan khas Sunda yang cukup terkenal.

Resep karedok asli Bandung.DOK. SHUTTERSTOCK Resep karedok asli Bandung.

Karedok biasanya berisi taoge, kol, kacang panjang, dan mentimun. Perpaduan sayur-sayuran mentah dan bumbu kacang yang gurih dan pedas menjadikan karedok sebagai sajian yang cukup menggugah selera.

Salah satu kedai yang menjual karedok di kawasan Cianjur adalah Kedai Karedok Ibu Dedeh. Rumah makan ini buka setiap hari dari pukul 08.00 sampai 17.00 WIB.

Kedai Karedok Ibu Dedeh terletak di Karangjaya, Pasirkuda, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Untuk menikmati karedok, wisatawan perlu membayar mulai dari Rp 10.000 per porsinya.

Baca juga: Pembukaan Tempat Wisata di Cianjur Ditangguhkan

Nikmati pemandangan indah Curug Citambur

Curug Citambur merupakan obyek wisata berupa air terjun yang berada di kawasan Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Curug ini telah dipromosikan sebagai sebagai kawasan wisata sejak 2014.

Wisata ini menawarkan pemandangan air terjun dengan ketinggian mencapai 130 meter. Di sekitar air terjun tersebut, wisatawan juga bisa menjumpai pemandangan hijau pepohonan.

Curug Citambur Kabupaten Cianjur, Jawa Barat DOK. Instagram.com/don_ariadon_aria Curug Citambur Kabupaten Cianjur, Jawa Barat DOK. Instagram.com/don_aria

Pihak pengelola Curug Citambun telah menyediakan fasilitas umum, seperti toilet, mushala, dan penginapan, yang dapat dinikmati wisatawan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.