Kompas.com - 15/11/2021, 10:09 WIB

KOMPAS.com - Belanda telah memberlakukan kebijakan lockdown parsial selama tiga minggu sejak Sabtu (13/11/2021) karena adanya peningkatan kasus Covid-19.

Menurut The Guardian, bar, restoran, dan toko di bidang esensial buka hingga pukul 20.00 waktu setempat.

Sedangkan toko dan jasa di bidang non-esensial buka hingga pukul 18.00 waktu setempat.

Pertandingan olahraga harus diadakan tanpa adanya penonton dan masyarakat dianjurkan untuk bekerja dari rumah. 

Sekolah, teater, dan bioskop tetap dibuka. Acara konferensi bisa tetap digelar selama pesertanya duduk.

Kendati demikian, acara publik yang memungkinkan pengunjungnya bebas bergerak, salah satunya adalah pameran, ditiadakan. 

Baca juga:

Dilansir dari akun Instagram @safetravel.kemlu, pengunjung wajib menunjukkan bukti vaksinasi Covid-19 saat mengunjungi sejumlah tempat tertentu, termasuk restoran dan kafe. 

"Kita harus mengurangi jumlah kontak dan infeksi secepat mungkin," kata Perdana Menteri Belanda Mark Rutte, Jumat (12/11/2021), dikutip dari The Guardian.

Adapun @safetravel.kemlu melaporkan bahwa kebijakan ini diterapkan akibat adanya kenaikan kasus Covid-19 yang terjadi di Belanda yang mencapai 33 persen. 

Menurut data dari WHO, sebanyak dua pertiga kasus Covid-19 global pada minggu pertama November 2021 bersumber dari wilayah Eropa. 

Sebagai informasi, Pemerintah Belanda sebelumnya sempat melonggarkan beberapa aturan mulai akhir September 2021. Namun, menurut situs web Pemerintah Belanda, masyarakat tetap wajib memakai masker, salah satunya saat naik kendaraan umum. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.