Kompas.com - 15/11/2021, 14:08 WIB

KOMPAS.com - PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) terus mengembangkan kawasan The Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Hal ini berkaitan dengan ajang balap motor skala internasional MOTUL FIM Superbike World Championship (WSBK) Indonesia 2021 pada 19-21 November 2021.

Menurut keterangan resmi yang Kompas.com terima, Senin (15/11/2021), ITDC berencana menyediakan total 20.000 kamar hotel berbintang di dalam kawasan ini, serta 325.000 meter persegi lahan komersial dan area publik di zona barat.

Baca juga:

Saat ini sudah ada 12 investor dari dalam dan luar negeri yang telah menandatangani perjanjian Land Utilization and Development Agreement (LUDA).

"Ke depan, kami optimistis akan semakin banyak investor yang akan masuk ke kawasan kami karena nilai jual penyelenggaraan WSBK dan MotoGP serta ditunjang iklim kemudahan berinvestasi," ujar Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer, Jumat (12/10/2021). 

Selain itu, ITDC juga telah dan sedang membangun fasilitas publik dan infrastruktur, di antaranya Masjid Nurul Bilad, Kuta Beach Park, Balawista, jalur pipa distribusi air bersih, jalan kawasan yang total panjangnya 37,5 kilometer, drainase, jaringan listrik, dan pengolah air bersih dengan teknologi Sea Water Reverse Osmosis. 

Pertamina Mandalika International Street Circuit rampung 

Jokowi saat mengendarai sepeda motor di Sirkuit MandalikaHumas ITDC Jokowi saat mengendarai sepeda motor di Sirkuit Mandalika

Sirkuit Mandalika atau Pertamina Mandalika International Street Circuit, salah satu proyek strategis di The Mandalika, telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Jumat lalu.

"Peresmian ini merupakan sebuah penghargaan besar bagi upaya kami dalam mengemban amanat presiden dalam mengembangkan The Mandalika sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas," kata Abdulbar. 

Baca juga:

Proses pembangunan sirkuit yang akan menjadi lokasi ajang WSBK ini menghabiskan waktu 14 bulan, dengan kualitas lintasan dan keselamatan yang sesuai dengan permintaan Dorna Sports dan FIM.

Untuk diketahui, dilansir dari Kompas.com, Kamis (15/4/2021), Dorna Sports adalah organisasi penyelenggara ajang balap motor MotoGP. 

Sedangkan FIM adalah badan regulasi tertinggi dunia yang menangani balap motor, menurut Kompas.com, Selasa (11/8/2009). 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.