Kompas.com - 15/11/2021, 19:07 WIB

KOMPAS.com – Berkunjung ke desa wisata tengah menjadi kegiatan yang mulai naik daun belakangan ini.

Sebab, wisatawan tidak hanya dapat berinteraksi dengan warga lokal namun juga belajar tentang adat istiadat di desa tersebut. Selain itu, ada juga atraksi seni dan budaya yang ditampilkan.

Salah satu desa wisata yang patut dikunjungi adalah Desa Wisata Ngilngof. Desa ini terletak di Jalan Petrus Tethool, Kecamatan Manyeuw, Kei Kecil, Kepulauan Kei, Kabupaten Maluku Tenggara.

Baca juga: Desa Wisata Ngilngof di Kei Kecil, Rumah dari Tiga Pantai Menawan

Salah satu alasan kenapa kamu harus berkunjung ke Desa Wisata Ngilngof adalah karena desa tersebut memiliki Pantai Ngurbloat yang dikenal memiliki pasir putih terhalus di Asia Tenggara, bahkan konon di dunia.

“Kalau di Ngurbloat, wisatawan bisa menyelam, berenang, atau snorkeling. Ada yang di pantai mereka foto-foto sambil menikmati pasirnya,” kata Kepala Desa Ngilngof bernama Andi kepada Kompas.com di Desa Wisata Ngilngof, Kamis (28/10/2021).

Apabila ingin berkunjung, berikut Kompas.com rangkum panduan transportasi ke Desa Wisata Ngilngof, Senin (15/11/2021):

Baca juga: 9 Aktivitas di Desa Wisata Ngilngof Kei Kecil, Wisata di Pantai Berpasir Halus

Panduan transportasi ke Desa Wisata Ngilngof

  • Rute perjalanan dari Jakarta ke Kei Kecil

Untuk menuju ke Desa Wisata Ngilngof, kamu harus naik pesawat menuju Bandara Langgur yang juga dikenal dengan Bandara Karel Sadsuitubun. Bandara ini berlokasi di Desa Ibra, Kei Kecil.

Pantai Ngurbloat di Desa Wisata Ngilngof di Kecamatan Manyeuw, Kei Kecil, Kepulauan Kei, Kabupaten Maluku Tenggara, Kamis (28/10/2021).kompas.com / Nabilla Ramadhian Pantai Ngurbloat di Desa Wisata Ngilngof di Kecamatan Manyeuw, Kei Kecil, Kepulauan Kei, Kabupaten Maluku Tenggara, Kamis (28/10/2021).

Jarak tempuh dari Bandara Langgur menuju Desa Wisata Ngilngof adalah 24 kilometer (km) atau sekitar 35 menit menggunakan kendaraan roda empat.

  • Harus transit ke Ambon atau Makassar

Hingga saat ini, belum ada penerbangan langsung dari Jakarta menuju Kei Kecil. Alhasil, kamu harus melakukan satu kali transit terlebih dahulu.

Baca juga: Wisata ke Desa Ngilngof di Kei Kecil, Bisa Lihat Tarian tentang Sejarah Ngilngof

Untuk transit, ada dua pilihan yang dapat kamu pertimbangkan saat melakukan perjalanan dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Pilihan pertama, kamu bisa transit di Bandara Pattimura yang terletak di Teluk Ambon, Kota Ambon, Maluku.

Pilihan kedua, kamu dapat transit di Bandara Sultan Hasanuddin. Lokasinya berada di Makassar, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Baca juga: Perjalanan Desa Ngilngof di Kei Kecil Jadi Desa Wisata, Sempat Ada Penolakan dari Warga

  • Deretan maskapai yang tersedia

Jika melakukan perjalanan pada Kamis (25/11/2021), terdapat sejumlah maskapai yang tersedia untuk penerbangan ke Kota Ambon dan Makassar.

Beberapa di antaranya adalah Sriwijaya Air, Batik Air, Wings Air, dan Lion Air. Kamu dapat pilih apakah ingin melakukan perjalanan dengan maskapai yang sama atau lintas maskapai.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.