Kompas.com - 17/11/2021, 10:04 WIB
Batuan Karang Unik di Pantai Klayar KOMPAS.com/NUR ROHMI AIDABatuan Karang Unik di Pantai Klayar

KOMPAS.com – Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, resmi berstatus PPKM Level 2 sejak Selasa (16/11/2021), sehingga memungkinkan semua tempat wisata di daerah itu untuk dibuka kembali.

“Alhamdulillah, tadi pagi kami terima Instruksi Mendagri Nomor 60 yang mengabarkan kalau Kabupaten Pacitan masuk level 2. Insya Allah (wisata pantai) bisa dibuka,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Pacitan Andi Faliandra, Selasa.

Baca juga:

Dia melanjutkan, tempat wisata yang dapat dibuka kembali tidak hanya tempat wisata berbasis alam seperti pantai, tetapi semua tempat wisata yang ada di Pacitan.

Andi mengatakan bahwa pihaknya telah mengajukan usulan aktivasi kode QR dalam aplikasi PeduliLindungi.

Menurutnya, aktivasi kode QR PeduliLindungi merupakan syarat bagi sebuah destinasi wisata untuk membuka kembali semua tempat wisatanya.

Pantai Soge Pacitan yang terletak di samping jalan utama.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Pantai Soge Pacitan yang terletak di samping jalan utama.

“Insya Allah besok kode QR bisa keluar, dan Kamis (18/11/2021) kita mohon pak Bupati membuka tempat wisata secara simbolis,” imbuh Andi.

Baca juga:

Telah uji coba pembukaan di dua tempat

Sebelumnya, Kompas.com memberitakan, Jumat (12/11/2021), dua tempat wisata di Pacitan sudah dibuka kembali untuk uji coba sejak 5 November 2021. Namun, saat itu Pacitan masih berstatus PPKM Level 3.

“Yang baru buka uji coba atas izin Kemenparekraf, yakni Goa Gong dan Goa Tabuhan. Untuk tempat wisata lainnya karena Pacitan masuk level 3, belum diizinkan buka,” jelas Andi, Jumat (12/11/2021).

Alhasil, deretan pantai yang terkenal di Pacitan termasuk Pantai Klayar, Pantai Soge, dan Pantai Srau pada saat itu masih belum menerima wisatawan.

Meski demikian, wisatawan dari domisili luar Pacitan sudah bisa mengunjungi Goa Gong dan Goa Tabuhan karena pihaknya tidak membatasi asal pengunjung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.