Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan Menuju Kepulauan Kei di Maluku Tenggara dari Jakarta

Kompas.com - 18/11/2021, 12:34 WIB
Nabilla Ramadhian,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.comKepulauan Kei di Maluku Tenggara merupakan salah satu destinasi wisata yang patut dikunjungi oleh wisatawan pencinta pantai.

Destinasi yang dikenal sebagai Nuhu Evav atau Tanat Evav oleh warga setempat ini menawarkan beragam pilihan pantai. Misalnya adalah Pantai Ngurbloat, Pantai Ngurvatur, Pantai Ngur Sarnadan, dan Pulau Bair.

Untuk Pantai Ngurvatur, wisatawan akan disambut oleh Snake Island. Sebuah jalur yang muncul dari bibir pantai, dan menjulur ke laut sepanjang 2,5 kilometer.

Baca juga:

Wisatawan dapat melihat Snake Island ketika air laut sedang surut. Pada waktu tertentu, Pantai Ngurvatur akan dikunjungi oleh kelompok burung pelikan yang bermigrasi dari Australia.

Jika ingin berkunjung ke Kepulauan Kei dan menikmati deretan tempat wisata yang ada, berikut Kompas.com rangkum cara menuju Kepulauan Kei, Kamis (18/11/2021):

Rute pesawat dari Jakarta ke Maluku Tenggara

Kepulauan Kei memiliki sebuah bandara bernama Bandara Karel Sadsuitubun. Bandara ini juga dikenal bernama Bandara Langgur.

Lokasi Bandara Pulau Kei berkode LUV ini di Desa Ibra, Kecamatan Kei Kecil, Pulau Kei Kecil.

Perjalanan dari Jakarta dapat dimulai dari Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten. Namun, wisatawan tidak bisa melakukan penerbangan langsung ke bandara tersebut.

Pantai Ngurbloat di Desa Wisata Ngilngof di Kecamatan Manyeuw, Kei Kecil, Kepulauan Kei, Kabupaten Maluku Tenggara, Kamis (28/10/2021).kompas.com / Nabilla Ramadhian Pantai Ngurbloat di Desa Wisata Ngilngof di Kecamatan Manyeuw, Kei Kecil, Kepulauan Kei, Kabupaten Maluku Tenggara, Kamis (28/10/2021).

Bisa transit di Ambon atau Makassar

Jika melakukan perjalanan dari Jakarta, wisatawan harus transit setidaknya satu kali di Kota Ambon, Maluku atau di Makassar, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Di Kota Ambon, bandara tujuannya adalah Bandara Pattimura. Sementara di Makassar, bandara tujuannya adalah Bandara Sultan Hasanuddin.

Baca juga:

Maskapai yang melayani penerbangan ke Kepulauan Kei

Apabila ingin terbang ke Kepulauan Kei pada 27 November 2021, misalnya, ada beberapa maskapai penerbangan yang tersedia ke Ambon atau Makassar.

Adapun, maskapai-maskapai tersebut adalah Sriwijaya Air, Batik Air, Wings Air, Citilink, dan Lion Air. Saat transit, kamu bisa pilih apakah ingin melanjutkan penerbangan dengan maskapai yang sama atau lintas maskapai.

Untuk maskapai yang sama, pada tanggal tersebut hanya tersedia Sriwijaya Air. Transit dilakukan di Makassar.

Perjalanan lintas maskapai yang transit di Makassar ada Lion Air dan Sriwijaya Air, Batik Air dan Sriwijaya Air, Garuda Indonesia dan Sriwijaya Air, serta Citilink dan Sriwijaya Air.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com