BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif

5 Wisata Kuliner di Jabodetabek, Mana Paling Seru?

Kompas.com - 19/11/2021, 13:15 WIB
Alek Kurniawan,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Salah satu kegiatan yang mungkin paling dirindukan oleh banyak orang pada masa pandemi Covid-19 adalah mengunjungi destinasi kuliner #DiIndonesiaAja.

Biasanya, destinasi kuliner menyuguhkan berbagai macam makanan legendaris dan tradisional khas daerah setempat. Wisatawan pun bisa dengan bebas memilih makanan yang disuka dan menyantapnya bersama orang tercinta.

Meskipun saat ini kasus terkonfirmasi positif Covid-19 menunjukkan tren penurunan, pemerintah masih belum menganjurkan masyarakat untuk makan bersama.

Untuk mengobati rasa rindu dan merencanakan kunjungan ke destinasi kuliner pada masa pascapandemi, berikut Kompas.com ulas beberapa wisata kuliner di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Wisata kuliner di kawasan GlodokDOK. SHUTTERSTOCK Wisata kuliner di kawasan Glodok

1. Kawasan Glodok di Jakarta

Sebagai ibu kota negara, Jakarta memiliki beragam wisata kuliner yang tersebar di beberapa wilayah. Kawasan Glodok di Jakarta Barat merupakan salah satunya.

Daerah yang disebut dengan nama Pecinan atau Chinatown tersebut menyuguhkan macam-macam kuliner legendaris yang sulit ditemukan di tempat lain.

Kedai Seni Djakarte, misalnya. Kedai yang berlokasi di Jalan Pintu Besar Utara, Jakarta Barat, ini menghadirkan soto Betawi, sate ayam, bandrek, dan es toples sebagai menu andalannya. Di samping rasa hidangannya yang istimewa, Kedai Seni Djakarte juga menyuguhkan suasana Jakarta tempo dulu.

Baca juga: Catat di Bucket List, Berikut 4 Desa Wisata di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

Selain itu, ada Gado-gado Direksi yang berdiri sejak 1967. Uniknya, nama direksi pada kedai toko ini dikenal karena presiden keempat Republik Indonesia (RI) Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dan sejumlah tokoh penting lain pernah datang ke tempat ini.

Bila sudah kenyang menyantap kuliner legendaris, sekarang saatnya menyeruput Kopi Es Tak Kie yang juga melegenda.

Wisata kuliner di Jalan Suryakencana, BogorDOK. SHUTTERSTOCK Wisata kuliner di Jalan Suryakencana, Bogor

2. Jalan Suryakencana di Bogor

Bicara tentang kuliner Bogor, tak lengkap rasanya bila tidak menyambangi Jalan Suryakencana. Kawasan ini merupakan pusat Pecinan di Kota Hujan.

Untuk menu pertama, kamu bisa mencoba Lumpia Basah Gang Aut. Kedai yang berlokasi di Jalan Suryakencana Nomor 307 ini merupakan salah satu pelopor lumpia basah yang sudah berjualan sejak 1972.

Tak jauh dari kedai tersebut, ada Laksa Bogor Gang Aut yang juga terkenal dengan kelezatannya. Bayangkan, di saat lapar, kamu menyantap potongan ketupat dicampur dengan bihun, tauge, oncom, tahu, dan telur dengan nikmat.

Baca juga: Akhir Tahun, Waktu yang Tepat Berkunjung ke Taman Nasional dan Kebun Raya di Bali

Kamu juga bisa mengunjungi Kanung Bogor untuk menikmati kelezatan roti konde khas Bogor. Selain roti konde, kedai ini juga menjual dodol Arab, risol, pastel, dan kebab.

Sebagai hidangan penutup, silakan berkunjung ke Bir Kotjok Abah untuk menyeruput minuman sehat dari rempah-rempah. Kamu juga bisa menikmati es cincau kelapa di beberapa pedagang kaki lima yang berjualan di sana.

Wisata kuliner di Jalan Margonda, DepokDOK. SHUTTERSTOCK Wisata kuliner di Jalan Margonda, Depok

3. Jalan Margonda, Depok

Bila berkunjung ke Depok, jangan lewatkan Jalan Margonda yang menghadirkan berbagai macam kuliner lezat. Salah satunya, Ayam Bakar Christina yang sudah melegenda sejak 1986.

Uniknya, kedai makan ini selalu ramai pembeli dari buka pukul 10.00 hingga tutup pada malam hari.

Baca juga: Mau Wisata Sejarah Sambil Menikmati Alam Bawah Laut? Coba Diving Bernuansa Perang Dunia II di Morotai

Untuk pecinta seafood, kamu bisa menyambangi Rumah Lobster Depok. Di sini, ada beragam menu seafood yang patut dicoba, seperti lobster api, lobster meleleh, lobster gajah besar, udang mandi, cumi calamari, dan kerang bambu.

Opsi lain, kamu bisa menikmati makanan Minang dengan mengunjungi Restoran Simpang Raya. Beberapa menu andalan yang patut dicoba adalah ayam pop, rendang, gulai tunjang, ikan asam pade, dan gulai cumi.

Wisata kuliner di Pasar Lama, TangerangDOK. SHUTTERSTOCK Wisata kuliner di Pasar Lama, Tangerang

4. Pasar Lama di Tangerang

Beralih ke Tangerang, kamu bisa mengunjungi Pasar Lama yang terletak tak jauh dari Stasiun Tangerang Kota. Untuk merasakan pengalaman yang lebih mantap, sebaiknya kamu berjalan kaki agar lebih leluasa membeli berbagai macam kuliner.

Untuk menu pembuka, kamu bisa membeli telur gulung yang rasanya seakan membikin semua orang bernostalgia dengan masa kecil. Kemudian, nikmati juga kuliner nusantara surabi hijau dengan pilihan rasa durian atau pandan.

Baca juga: Berencana ke Raja Ampat, Ini 4 Jenis Wisata Olahraga yang Bisa Dilakukan Wisatawan

Sebagai hidangan utama, tampaknya Sate Ayam Haji Ishak bisa menjadi pilihan yang tepat. Kedai yang berdiri sejak 1954 ini terkenal dengan tekstur sate empuk dan paduan bumbu kacang yang gurih.

Opsi lain, kunjungi Formaggio Coffee and Resto untuk menikmati malam hari bersama orang tercinta. Meskipun letaknya agak jauh dari kawasan Pasar Lama, tempat ini menghadirkan kenyamanan dengan menu yang beragam, seperti tongseng, nasi goreng rica-rica, dan ayam geprek ala Formaggio.

Nasi Liwet khas SundaDOK. SHUTTERSTOCK Nasi Liwet khas Sunda

5. Kawasan Stasiun Bekasi

Banyak orang mengira bahwa Bekasi belum mempunyai destinasi kuliner khusus. Namun, tampaknya kamu perlu mengeksplorasi lebih jauh wisata kuliner di sekitar Stasiun Bekasi.

Sebagai rekomendasi, kamu bisa menyantap hidangan khas Sunda di Ponyo Resto. Adapun beberapa menu andalan di Ponyo Resto adalah ayam goreng, paket timbel atau liwet komplet, sop buntut, dan es kopyor.

Selain itu, di kawasan Stasiun Bekasi juga berjejer pedagang kaki lima yang menjajakan street food. Mulai dari Pempek Gaby hingga Pondok Bakso Super dan Mie Ayam yang terkenal bagi pengguna setia Kereta Listrik (KRL).

Baca juga: Jarang Orang Tahu, 7 Batik Daerah Ini Tak Kalah Eksotis

Itulah rekomendasi wisata kuliner di Jabodetabek yang bisa kamu coba pada masa pascapandemi. Pada dasarnya, Jabodetabek memiliki banyak destinasi kuliner yang bisa dikunjungi setelah situasi membaik.

Namun, sebelum berkunjung ke suatu tempat, jangan lupa kunjungi laman chse.kemenparekraf.go.id untuk mengetahui destinasi yang tersertifikasi Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainability (CHSE).

Selain itu, kamu juga bisa membeli produk ekonomi kreatif (ekraf) khas daerah setempat untuk mendukung pelaku usaha lokal.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, masyarakat perlu mendukung pelaku ekraf dengan berbagai cara, salah satunya lewat teknologi.

“Ayo beli produk-produk ekraf lokal untuk meringankan teman-teman di pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf),” ajak Sandiaga dalam laman Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Senin (19/4/2021).

Baca juga: Berandai-andai, seperti Apa Gaya Traveling Pascapandemi?

Selain itu, Menparekraf juga mengimbau masyarakat untuk mengikuti program vaksinasi dan menjalani protokol kesehatan (prokes) 6M.

Adapun prokes 6M meliputi mencuci tangan, menggunakan masker rangkap dua, menghindari kerumunan, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, dan menghindari makan bersama (6M).

Sebagai informasi, Kemenparekraf tengah menggelar program berhadiah Pesona Punya Kuis (PUKIS) dengan total hadiah senilai jutaan rupiah.

Peserta yang ingin mengikuti kuis tersebut harus memenuhi persyaratan, yaitu mengikuti akun Instagram @pesonaid_travel, menjawab satu pertanyaan yang diberikan melalui akun Instagram tersebut, dan tag tiga orang teman.


Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com