Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Virtual Tour Hanya Eksis Selama Pandemi Covid-19?

Kompas.com - 19/11/2021, 19:15 WIB
Nabilla Ramadhian,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Saat pandemi Covid-19 mulai melanda Indonesia pada Maret 2020, seluruh tempat wisata di Nusantara ditutup untuk mencegah penyebarannya.

Pada saat itu vaksin Covid-19 masih belum tersedia. Masyarakat yang sudah ingin pelesiran beralih ke alternatif lain, yakni dengan mengikuti virtual tour atau tur virtual.

Virtual tour adalah kegiatan wisata tanpa harus keluar rumah karena peserta tur bisa "jalan-jalan" secara virtual. Kegiatan ini umumnya menggunakan platform Zoom dengan pemandu. 

Kepala Dinas Pariwisata Kalimantan Timur (Kaltim) Sri Wahyuni mengatakan, kegiatan tur virtual yang masih ada hingga kini tetap akan menjadi kebutuhan pasca-pandemi Covid-19.

“Tetap menjadi kebutuhan di masa depan karena wisatawan sudah dapat pengalaman lebih dulu. Ketika akan berkunjung, sudah mendapat gambaran,” ucap Sri.

Baca juga:

Dirinya mengatakan hal tersebut dalam webinar bertajuk “Human Capacity Development as the Key for Inclusive Tourism” pada Kamis (18/11/2021).

Dengan mengikuti tur virtual ke sebuah destinasi wisata, masyarakat akan diberi informasi tentang deretan aktivitas wisata yang dapat dilakukan.

Selain itu, mereka juga sudah mendapat gambaran terkait kondisi destinasi wisata yang hendak dikunjungi di lain waktu.

“Mereka mempersiapkan diri dan lebih memiliki kepercayaan apakah benar ini destinasi wisata yang akan dikunjungi, apa saja yang harus dipersiapkan, mereka bisa tanya,” jelas Sri.

Tidak hanya itu, menurutnya tur virtual juga berbeda dari video-video berskenario yang terlihat di YouTube.

Tur virtual ini kelebihannya, karena langsung on the spot walau dalam bentuk video, tapi tidak bisa dibohongi (pengalaman yang ditampilkan). Jadi kepercayaan calon wisatawan akan lebih kuat,” sambung dia.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com