Kompas.com - 19/11/2021, 21:13 WIB

KOMPAS.comDesa Wisata Detusoko Barat di Nusa Tenggara Timur (NTT) menawarkan beragam aktivitas wisata di setiap dusunnya. 

Masing-masing dusun yang ada di desa itu memiliki produk wisata yang berbeda berdasarkan potensi pariwisata yang dimiliki.

“Kepariwisataan itu ada diferensiasi produk dan atraksi yang ada di desa. Kami petakan di Desa Detusoko Barat, kami bisa klasterkan menjadi tiga kategori,” ungkap Kepala Desa Wisata Detusoko Barat bernama Ferdinandus Watu.

Baca juga: Bukit Liaga Ende, Tempat Wisata dengan Spot Foto Latar Laut dan Bukit

Hal ini disampaikan olehnya dalam webinar bertajuk “Human Capacity Development as the Key for Inclusive Tourism” pada Kamis (18/11/2021).

Adapun, tiga kategori atau tiga produk wisata itu adalah paket wisata ke Dusun Wolone, Dusun Wolobudu dan Dusun Pemonago, serta Dusun Nuagiu.

“Itu untuk membuat bagaimana di masing-masing dusun ada diferensiasi produk dan atraksi. Di satu desa, tetapi dengan karakteristik dan potensi yang berbeda-beda,” ujarnya.

Baca juga: Tak Hanya di TN Komodo, Si Naga Purba Juga Hidup di Pulau Flores

Ferdinandus menjelaskan, hal tersebut dilakukan agar wisatawan yang berkunjung ke Desa Wisata Detusoko Barat mendapatkan pengalaman yang berbeda dari satu dusun ke dusun yang lain.

Ragam kegiatan wisata yang ditawarkan

Setiap dusun dalam desa wisata yang berlokasi di Kecamatan Detusoko, Pulau Flores, Kabupaten Ende ini memiliki paket wisata sendiri.

Dalam paket wisata tersebut, kegiatannya juga beragam. Di Dusun Wolone, misalnya, pengunjung bisa coba wisata susur sawah dan kali atau berkunjung ke kampung adat.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.