Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maya Bay di Thailand Bakal Dibuka Januari 2022 Setelah Tutup Akibat Pariwisata Massal

Kompas.com - 19/11/2021, 22:20 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber tatnews

KOMPAS.com - Maya Bay atau Teluk Maya di Pulau Phi Phi Leh, Thailand, akan dibuka kembali untuk kunjungan wisatawan mulai 1 Januari 2022. 

Tempat wisata pantai ini terkenal setelah menjadi latar film The Beach tahun 1999 yang dibintangi aktor asal Amerika Serikat, Leonardo diCaprio. 

Maya Bay sempat tutup selama tiga setengah tahun sejak Juni 2018 karena ekosistemnya rusak akibat overtourism (pariwisata massal).

Baca juga:

Bahkan, menurut keterangan resmi dari Tourism Authority Thailand (TAT), pada tahun 2017 hampir 5.000 wisatawan mengunjungi tempat tersebut setiap harinya.

Kompas.com melaporkan, Sabtu (29/12/2018), karang-karang di kawasan tersebut rusak, pasir putihnya memadat dan berubah warna, serta kawanan ikan enggan berenang karena perairan dipadati sekitar 800 kapal wisatawan setiap harinya.

Otoritas lingkungan setempat menjelaskan, Maya Bay baru akan dibuka jika fasilitas di lokasi telah diperbaiki. Selain itu, sistem manajemen jumlah wisatawan juga harus memadai. 

Sejumlah infrastruktur ditingkatkan

Maya Bay di Krabi, Thailand.NOVA DIEN Maya Bay di Krabi, Thailand.

Pada Minggu (14/11/2021), perwakilan dari Kementerian Sumber Daya Alam dan Lingkungan Thailand menyampaikan perbaikan di sejumlah infrastruktur. 

Salah satunya adalah dermaga baru di Loh Samah Bay (Teluk Loh Samah) yang letaknya di seberang pulau.  

Baca juga:

Para ahli menganjurkan dermaga tersebut menjadi akses satu-satunya ke Maya Bay agar proses pemulihan terumbu karang di kawasan itu tetap berlanjut.

Jumlah kunjungan wisatawan per harinya juga akan diatur guna menjaga lingkungan dan ekosistem setempat.

Nantinya akan ada area khusus untuk wisatawan yang ingin berenang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber tatnews
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com