Kompas.com - 19/11/2021, 22:20 WIB

KOMPAS.com - Maya Bay atau Teluk Maya di Pulau Phi Phi Leh, Thailand, akan dibuka kembali untuk kunjungan wisatawan mulai 1 Januari 2022. 

Tempat wisata pantai ini terkenal setelah menjadi latar film The Beach tahun 1999 yang dibintangi aktor asal Amerika Serikat, Leonardo diCaprio. 

Maya Bay sempat tutup selama tiga setengah tahun sejak Juni 2018 karena ekosistemnya rusak akibat overtourism (pariwisata massal).

Baca juga:

Bahkan, menurut keterangan resmi dari Tourism Authority Thailand (TAT), pada tahun 2017 hampir 5.000 wisatawan mengunjungi tempat tersebut setiap harinya.

Kompas.com melaporkan, Sabtu (29/12/2018), karang-karang di kawasan tersebut rusak, pasir putihnya memadat dan berubah warna, serta kawanan ikan enggan berenang karena perairan dipadati sekitar 800 kapal wisatawan setiap harinya.

Otoritas lingkungan setempat menjelaskan, Maya Bay baru akan dibuka jika fasilitas di lokasi telah diperbaiki. Selain itu, sistem manajemen jumlah wisatawan juga harus memadai. 

Sejumlah infrastruktur ditingkatkan

Maya Bay di Krabi, Thailand.NOVA DIEN Maya Bay di Krabi, Thailand.

Pada Minggu (14/11/2021), perwakilan dari Kementerian Sumber Daya Alam dan Lingkungan Thailand menyampaikan perbaikan di sejumlah infrastruktur. 

Salah satunya adalah dermaga baru di Loh Samah Bay (Teluk Loh Samah) yang letaknya di seberang pulau.  

Baca juga:

Para ahli menganjurkan dermaga tersebut menjadi akses satu-satunya ke Maya Bay agar proses pemulihan terumbu karang di kawasan itu tetap berlanjut.

Jumlah kunjungan wisatawan per harinya juga akan diatur guna menjaga lingkungan dan ekosistem setempat.

Nantinya akan ada area khusus untuk wisatawan yang ingin berenang. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber tatnews


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.