Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

45 Desa Wisata di Lombok Siap Sambut Wisatawan World Superbike

Kompas.com - 20/11/2021, 20:23 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Sedikitnya 45 desa wisata di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), telah siap menyambut wisatawan yang menghadiri ajang balap motor skala internasional, MOTUL FIM Superbike World Championship Indonesia 2021 (World Superbike atau WBSK).

Hal tersebut disampaikan oleh Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Albertien Enang Pirade, Sabtu (20/11/2021).

Untuk diketahui, WSBK berlangsung pada 19-21 November 2021 di Sirkuit Mandalika atau Pertamina Mandalika International Street Circuit di The Mandalika, Lombok Tengah

"Presiden mendorong agar desa memiliki daya ungkit ekonomi dengan mengangkat potensi masing-masing, termasuk pariwisata. Dalam verifikasi lapangan yang dilakukan di Lombok Tengah, kami melihat hal ini sudah berjalan sesuai arahan presiden. Kunjungan ke desa wisata meningkat tajam, yang pastinya akan menggerakkan ekonomi masyarakat desa," katanya, dikutip dari Antara, Sabtu.

Baca juga:

Pihaknya berharap agar WSBK dapat memberi dampak berkelanjutan bagi perekonomian daerah, khususnya di sektor ekonomi rakyat. 

Adapun, desa-desa wisata tersebut telah menerima pembinaan dari Dinas Pariwisata Provinsi dan Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata NTB Ahlul Wakti, menjelaskan WSBK memberi dampak yang signifikan.

"Hotel-hotel sudah full, termasuk desa-desa wisata ada peningkatan penjualan dari produk-produk wisatanya seperti suvenir dan atraksi," ujarnya. 

Ia berharap agar hasil sport tourism ini juga dapat dirasakan oleh masyarakat di kabupaten lainnya di NTB.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com