Kompas.com - 21/11/2021, 18:03 WIB

KOMPAS.com – Pemerintah akan membangun jembatan gantung dari kaca di kawasan wisata Gunung Bromo, tepatnya Seruni Point.

Jembatan itu nantinya akan memiliki panjang 150 meter yang membentang di atas ketinggian 80 meter.

Jembatan kaca memiliki tipe suspended-cable bentang 120 meter dengan lebar lantai 1,8 meter dan 3 meter,” kata Direktur Bina Teknik Jalan dan Jembatan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nyoman Suaryana, dilansir dari Tribun Travel, Minggu (21/11/2021).

Baca juga: Viral Desain Jembatan Kaca di Bromo, Warganet: Mirip Squid Game

Ia melanjutkan, pembangunan jembatan gantung ditujukan untuk makin menarik minat wisatawan berwisata di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Bromo Tengger Semeru.

“Material kaca yang digunakan itu semua produksi dalam negeri. Kacanya tidak khusus, yang khusus karena kita kasih lapisan di tengahnya, sehingga ada kekuatan, dilengketkan semacam fiber jadi kuat,” ujar dia.

Setelah jadi, jembatan kaca hanya akan diperuntukkan bagi pejalan kaki saja dan tidak bisa dilalui kendaraan.

Nantinya wisatawan yang berjalan di atas jembatan kaca dapat menikmati keindahan kaldera Bromo sekaligus memacu adrenalin.

Baca juga: 4 Spot Terbaik Melihat Matahari Terbit di Bromo

Adapun pembangunan jembatan kaca tersebut dimulai pada tahun 2021 dan ditargetkan selesai selama 11 bulan. Pembangunan jembatan ini ditaksir membutuhkan anggaran Rp 15 miliar.

Seruni Point

Saat ini, Seruni Point merupakan salah satu spot panorama di kawasan wisata Gunung Bromo. Lokasinya ada di dekat pintu masuk via Probolinggo.

Salah satu keunikan Seruni Point adalah adanya empat bangunan yang berbentuk menyerupai candi.

Seruni Point di bawah Bukit Kingkong.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Seruni Point di bawah Bukit Kingkong.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.