Kompas.com - 22/11/2021, 10:42 WIB

KOMPAS.com - Mulai 29 November 2021, wisatawan bervaksin Covid-19 asal Indonesia akan bisa ke Singapura tanpa karantina melalui skema Vaccinated Travel Lane (VTL). 

Dilansir dari Channel News Asia, Menteri Transportasi Singapura S Iswaran mengatakan, untuk saat ini VTL dengan Indonesia merupakan VTL yang bersifat unilateral.

Ia juga berharap agar Indonesia bisa segera menerima wisatawan asal Singapura. 

"Indonesia masih tertutup untuk perjalanan secara umum, tapi telah mulai membuka perbatasannya. Sejak 14 Oktober 2021, Indonesia telah membuka perbatasannya untuk penumpang dari 19 negara. Kami harap Indonesia dapat kembali membuka perbatasannya untuk wisatawan dari Singapura," ujarnya, dikutip dari Channel News Asia.

Iswaran menjelaskan bahwa per harinya akan ada dua penerbangan antara Jakarta dengan Singapura. Frekuensi penerbangan akan ditambah secara bertahap hingga empat kali. 

Baca juga:

Kompas.com melaporkan, Selasa (16/11/2021), wisatawan untuk jalur VTL wajib memiliki Vaccinated Travel Pass (VTP). 

Permohonan untuk VTP dapat diajukan melalui laman ini  mulai 22 November 2021. 

Berdasarkan The Times of India, Singapura juga akan menerapkan VTL untuk wisatawan bervaksin Covid-19 asal India mulai 29 November 2021.

Melalui skema tersebut, nantinya akan ada enam penerbangan setiap harinya dari Chennai, Delhi, dan Mumbai. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.