Kompas.com - 22/11/2021, 16:25 WIB

KOMPAS.com - Desa Wisata Lembang Nonongan di Toraja Utara, Sulawesi Selatan, termasuk dalam 50 desa wisata terbaik versi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021, khususnya di kategori desa wisata rintisan.

ADWI 2021 merupakan ajang yang digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Untuk informasi, dilansir dari Kompas.com, Minggu (1/8/2021), desa wisata rintisan masih sebatas memiliki potensi dan tempat wisata, namun belum punya produk wisata. 

Dalam kunjungannya ke Desa Wisata Lembang Nonongan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berharap akan desa wisata tersebut berkembang menjadi destinasi unggulan di Toraja Utara.

Baca juga:

Sandiaga juga mendorong agar status desa wisata tersebut meningkat dari desa wisata rintisan menjadi desa wisata mandiri berkelanjutan.

"Desa Wisata Lembang Nonongan terpilih menjadi 50 desa wisata terbaik. Ini adalah kesempatan kita untuk membangkitkan ekonomi, kembali menjadikan Toraja dan Toraja Utara sebagai destinasi unggulan," ujarnya, melalui keterangan resmi, Senin (22/11/2021).

Ia menambahkan, pihaknya akan menyiapkan pendampingan bagi pokdarwis (kelompok sadar wisata) setempat tentang pengelolaan desa wisata. 

Tawarkan kegiatan yang dekat dengan kehidupan masyarakat

Desa Wisata Lembang Nonongan di Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Desa Wisata Lembang Nonongan di Toraja Utara, Sulawesi Selatan.

Desa Wisata Lembang Nonongan dikenal sebagai desa agraris yang masih mempertahankan kebiasaan-kebiasaan leluhur. 

Desa wisata ini juga memiliki beragam daya tarik wisata yang dekat dengan kehidupan sehari-hari masyarakat. 

Baca juga: Toraja, Suku dengan Tradisi Mendandani Orang Meninggal

Daya tarik tersebut, di antaranya adalah To Mangrengnge' Pare atau kegiatan masyarakat saat memanen padi dan To Mal'lambuk atau kegiatan menumbuk padi. 

Ada juga To Mangrengnge' Utan atau kegiatan masyarakat memanen hasil hutan dan To Mewai atau kegiatan masyarakat mengambil air di sungai.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.