Kompas.com - 22/11/2021, 18:06 WIB

ACEH UTARA, KOMPAS.com – Manajemen Museum Samudera Pasai, Kabupaten Aceh Utara memastikan akan tetap buka pada libur Natal dan tahun baru 2022 (Nataru).

Wisatawan pun tetap bisa mengunjungi museum dengan berbagai koleksi dari abad 18-20 itu saat momen libur Nataru.

Baca juga: Pengelola Hotel di Aceh Optimistis Tempat Wisata Bakal Ramai Jelang Nataru

Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Pendidikan, dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Utara Nurliana pada Senin (22/11/2021) mengatakan, manajemen memutuskan untuk membuka museum pada libur Nataru.

“Kami tetap buka. Kunjungan sekarang ini lumayan karena tingkat penyebaran virus Covid-19 mulai stabil di Aceh dan Indonesia. Maka, mulai membaik tingkat kunjungan. Meski begitu, protokol kesehatan di museum tetap diperketat,” kata Nurliana.

Koleksi Museum Samudera Pasai

Nurlita melanjutkan, saat ini, museum itu menyimpan 340 koleksi berupa filologika, numismatika, historika, etnografika dan keramologika.

Baca juga: Ekowisata Tuntong Laut di Aceh Tamiang, Kura-kura Langka di Dunia

Dia mencontohkan, museum itu menyimpan koleksi peralatan rumah tangga, perhiasan, peralatan pertanian, dan senjata tradisional masa lampau.

Museum Kerajaan Samudera Pasai, di Desa Beuringen, Kecamatan Samudera, Aceh Utara, Aceh, Jumat (17/3/2017).KOMPAS.com/MASRIADI Museum Kerajaan Samudera Pasai, di Desa Beuringen, Kecamatan Samudera, Aceh Utara, Aceh, Jumat (17/3/2017).

“Ada juga kitab dan buku karangan ulama masa lalu,” terangnya.

Dia menyebutkan, khusus untuk pelajar dibuat program belajar di museum. Sehingga, para guru mengajak muridnya untuk mengunjungi museum. Misi lebih jauh, sambung Nurliana, agar generasi muda paham akar sejarah daerahnya.

Baca juga: Rute Tercepat Menuju Desa Wisata Nusa Aceh Besar dari Bandara

“Kita harus bangga, punya museum yang menyimpan seluruh sejarah Kerajaan Samudera Pasai. Salah satu kerajaan terbesar di Indonesia,” pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.